Manfaat Tempe Makanan Asli Indoesia Bagi Kesehatan

Kenal dengan tempe kan? Keterlaluan sekali kalau anda tidak mengenal tempe, tempe merupakan makanan asli dari indonesia, konon tempe sudah ada sejak jaman kerajaan mataram. Pada jaman dulu tempe menjadi makanan khusus orang nigrat atau keluarga kerajaan saja, namun saat ini tempe menjadi makanan sehari-hari masyarakat kita. Saya sendiri termasuk penggemar tempe, rasa nya yang gurih itu loh yang bikin kita ketagihan.
Tempe saat ini juga sudah diproduksi di luar neger seperti jepang, walaupun yang membuat tempe disana orang indonesia juga, namun tingkat penjualan tempe yang menggembirakan disana menunjukkan bahwa tempe juga digemari di jepang.
Tempe memiliki bahan baku kedelai yang difermentasi dengan bakteri Rhizopus sehingga tempe juga dapat dikategorikan sebagai makanan probiotik karena memiliki kandungan mikroorganisme yang baik bagi kesehatan tubuh kita. Berikut ini adalah beberapa manfaat tempe yang berguna bagi kesehatan kita.

Mencegah diabetes
Tempe sangat berguna untuk mencegah penyakit diabetes tipe dua karena tempe memilki kandungan antioksidan dan mikroorganisme yang membantu tubuh untuk menyerapa senyawa insulin dengan baik, seperti diketahui penyebab penyakit diabetes adalah tubuh kekurangan insulin. Penderita diabetes biasanyan memiliki sel tubuh yang tidak mampu menyerap senyawa insulin dengan baik, dan tempe berguna untuk merangsang sel tubuh untuk menyerap insulin dengan baik.
Menurunkan berat badan
Anda kesulitan menurunkan berat badan? Kebanyakan obesitas atau kegemukan disebabkan oleh ketidakmampuan kita untuk menahan nafsu makan berlebih. Nah tempe menurut studi mampu menurunkan nafsu makan secara berlebih sehingga secara tidak langsung akan menurunkan berat badan. Disamping itu tempe juga memiliki kandungan riboflavin dan niacin yang sangat tinggi sehingga bermanfaat bagi untuk menunjang proses metabolisme dalam tubuh.
Membantu sistem pencernaan
Tempe dibuat dari kacang kedelai, kacang kedelai sendiri memiliki manfaat untuk memperlancar sistem pencernaan tubuh namun tempe memiliki manfaat yang lebih dibandingkan dengan kacang kedelai, tekstur tempe yang lebih halus atau lebih lunak tentu membuatnya lebih mudah untuk dicerna disamping itu tempe merupakan makanan probiotik yang memiliki kandungan bakteri Rhizopus yang dapat menurunkan kadar oligosakarida dalam pencernaan tubuh, rhizopus juga memiliki manfaat untuk merangsang pembentukan enzim yang  sangat berguna membantu usus menyerap besi, seng, kalsium dan nutrisi yang lain dalam makanan yang kita konsumsi.
Sebagai sumber energi
Tempe merupakan makanan yang memiliki kandungan protein yang sangat tinggi serta mengandung kalori tinggi, magnesium, dan kalium sehingga tempe menjadi salah satu sumber energi yang sangat baik bagi tubuh. Bisa dijadikan sebagai pengganti daging terutama bagi yang sedang menjalani program diet sehat karena kandungan rendah lemaknya. Tidak percaya kalau tempe bisa dijadikan sebagai sumber energi? Ade Rai atlit binaraga yang terkenal itu terbiasa mengkonsumsi tempe dalam jumlah yang banyak setiap harinya.
Menurunkan tekanan darah
Tempe merupakan probiotik yang mengandung bakteri baik bagi tubuh yaitu Rhizopus, bakteri pada tempe berguna untuk memecah protein menjadi fragmen peptida sehingga memiliki kemampuan menurunkan tekanan darah serta menghancurkan kolesterol yang menumpuk pada arteri. Tempe juga memiliki kandugan antioksidan yang sangat baik untuk menghindarkan tubuh dari serangan radikal bebas. Dalam satu penelitian juga disebutkan mengkosumsi tempe secara teratur dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah sebanyak 30%.

Luar biasa bukan? Makanan asli indonesia yang satu ini. Mulai sekarang tidak usah gaya-gayaan makan makanan kebarat-baratan karena kita sendiri memiliki makanan enak dan bergizi.