Melindungi Kesehatan Mata Dari Monitor Komputer Atau Gadget

Perkembangan teknologi yang sangat pesat membuat perubahan pola hidup dari masyarakat. Sekarang ini banyak sekali kita jumpai banyak sekali dari anak-anak sampai dengan orang dewasa selalu dan dimanapun memegang dan memainkan gadget atau smartphone, kalau dulu terbatas hanya dengan orang yang kecanduan komputer atau lapto dengan game nya.
Sekaran ini lebih dari itu dengan semakin canggihnya teknologi, handphone sekarang pun sudah bisa memainkan game-game yang bagus dan tentunya akan semakin membuat kecanduan penggunanya.
Dari televisi, komputer, lapto, dan gadget smarphone atau tablet kesemuanya itu kalau dipakai secara berlebihan atau tidak dengan bijak akan memperburuk kesehatan dari mata. Kecanduan gadget akan membuat secara terus-menerus untuk memainkan suatu game tertentu meskipun mata sudah terlihat lelah, maka tidak jarang saat ini seringkali kita jumpai anak dengan usia dini sudah menggunakan kaca mata minus karena mata yang sudah tidak normal lagi.
Berikut ini beberapa tips buat kita menjaga kesehatan mata kita dari layar monitor baik dari gadget, smarphone, atau laptop. Ini tidak terbatas pada anak-anak yang kecanduan game saja, tapi juga pada anda yang bekerja, dimana pekerjaan anda mengharuskan anda untuk berhadap-hadapan dengan monitor.


Berkedip
Usahakan untuk terus berkedip terutama jika mata kita terasa kering atau panas (gatal). Sering berkedip akan membuat kelopak mata kita memproduksi air mata secara alamiah, air mata ini sangat berguna untuk melindungi kita dari panas mata karena mata kita yang mengering, yang mengakibatkan iritasi dan gatal-gatal. Air mata juga melindungi kita untuk mengeluarkan debu-debu yang mungkin masuk ke mata kita, sehingga mata kita tetap bersih dari kotoran.
Memandang jauh
Berhadapan dengan monitor membuat mata kita selalu melihat dengan jarak yang dekat, dalam jangka panjang akan membuat mata akan menjadi minus. Untuk itu usahakan untuk memandang jauh paling tidak 20 an meter, bisa dengan memandang lingkungan luar rumah kita atau kantor melalui jendela. Usahakan untuk melihat dengan jarak pandang yang jauh setidaknya 20 atau 30 menit sekali.
Pencahayaan
Usahakan ruangan tempat kita berhadap-hadapan dengan monitor memiliki intensitas cahaya yang tepat sehingga mendukung mata kita bekerja, intensitas cahaya yang kurang akan membuat mata kita bekerja dengan keras ketika kita berhadap-hadapan dengan monitor. Sebaliknya cahaya sekitar yang terlalu terang akan membuat kita menjadi silau sehingga, mata kita akan terasa sakit dan perih.
Kita juga bisa mengatur intesitas cahaya dari monitor itu sendiri, kebanyakan gadget, komputer, laptop dan atau tablet memiliki fitur untuk mengatur seberapa terang tampilan monitor tersebut, biasanya kita tinggal  mengatur brightest dan contrast saja.
Posisi monitor
Usahakan monitor berada dalam posisi yang ideal dari mata kita. Untuk jarak monitor dengan mata kita ada baiknya berjarak 60 cm sampai 100 cm agar mata kita mudah lelah dan sakit ketika berhadapan dengan monitor. Usahakan titik tengah monitor berada 10 cm di bawah mata kita,  agar kita tidak terlalu mendongak dan bekerja keras ketika berhadapan dengan monitor. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar yang dibawah ini.

Melihat-lihat alam
Melihat-lihat alam dengan jalan jalan, bersepeda dan berekreasi akan membuat mata kita menjadi segar, tidak hanya pikiran kita berjalan-jalan akan mengurangi ketegangan mata kita beberapa waktu yang lalu.
Konsultasi kan dengan dokter
Konsultasikan dengan dokter setiap hal yang aneh yang mungkin terjadi, karena  dokter memiliki solusi terbaik buat kesehata mata anda.