Memahami Manfaat Teh Hijau Untuk Menurunkan Berat Badan

Teh hijau adalah jenis minuman yang sangat populer dewasa ini, teh hijau sangat digandrungi oleh banyak kalangan karena memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan atau menurunkan kandungan lemak dalam tubuh. Yang sudah dibuktikan dalam banyak penelitian. Teh hijau memiliki kandungan kafein wapaupun jumlahnya jauh dibawah kafein pada kopi namun kafein pada teh hijau sudah cukup untuk membakar lemak dalam tubuh dan juga membantu untuk meningkatkan aktivitas karena stimulasi energinya.
Tehi hijau memiliki kandungan antioksidan EGCG  (epigallocatechin gallate) yang berguna untuk meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh. epigallocatechin gallate membantun proses penurunan kandar lemak dalam darah, dengan cara memecah lemak untuk kemudian akan dipindahkan ke dalam darah dan diangkut. Hormon yang berperan penting dalam proses pemecahan lemak adalah norepinephrine, dimana antioksidan menunjang stimulus produksi hormon norepinephrine dengan cara menghilangkan hambatan-hambatan dalam produksi hormon norepinephrine, biasanya dengan mengurangi jumlah enzim yang membuat produksi hormon norepinephrine terganggu. Kombinasi antara kafein dengan EGCG sendiri membuat proses penhacuran lemak semakin cepat karena kafein berguna untuk meningkatkan intesitas pembakaran lemak sehingga lemak yang dipecah akan lebih banyak dan ketika disalurkan oleh darah lemak akan menjadi lebih mudah dipakai oleh sel tubuh untuk dikonversi menjadi energi nantinya.

Teh hijau sangat bagus diminum terutaman ketika sedang menjalani aktivitas olahraga, karena minum teh hiijau ketika sedang selesai menjalani aktivitas olahraga akan menurunkan berat bada lebih signifikan, hal ini dikarenakan teh hijau terbukti meningkatkan proses pembakaran lemak dalam tubuh. Jadi sebenarnya ketika olahraga, tubuh kita juga sedang melakukan proses pembakaran lemak, namun proses ini akan ditingkatkan lagi oleh teh hija karena memiliki kandungan antioksidan dan kafein.
Pada satu penelitian didapatkan bahwa minum teh hijau selama menjalani aktivitas olahraga akan membakar lemak sebesar 17% lebih banyak dari pada mereka yang olahraga namun tidak mengkonsumsi teh hijau. Sebuah jumlah yang besar bukan?
Teh hijau mampu membantu kita untuk meningkatkan jumlah pembakaran kalori dalam tubuh, sebenarnya manusia sendiri dalam tubuh nya selalu membakar kalori bahkan ketika sedang tidur sekalipun. Rata-rata manusia membakar kalori sekitar 2000 kalori, namun dengan teh hijau akan mendapatkan tambahan pembakaran kalori sebanyak 60 sampai 100 kalori dalm tubuh. Seperti diketahui salah satu penyebab dari kegemukan adalah jumlah kalori yang berlebih dalam tubuh. Dalam satu penenelitian pada penderita obesitas minum air teh hijau dapat membakar lebih 200 kalori dibandingkan dengan penderita obesitas yang tidak minum teh hijau.
Teh hijau berfungsi untuk mengurangi nafsu makan, seperti yang kita ketahui adalah nafsu makanan berlebih yang menjadi penyebab utama dari kegemukan. Setiap orang boleh saja makan makanan yang sehat dan mengandung gizi yang tinggi setiap harinya untuk menurunkan berat badan. Namun yang harus diketahui bahwa semua itu akan menjadi percuma kalau kita tidak bisa menahan nafsu makan makanan secara berlebih, pada akhirnya bukan berat bada ideal yang kita dapatkan melainkan sebaliknya.
Nah teh hijau sangat berguna untuk menurunkan nafsu makan kita, orang yang diet tentu akan lebih terbantu karena dengan nafsu makan yang turun akan mudah sekali untuk menurunkan berat badan. Apapun program diet atau teknik diet yang beredar saat ini  sebenarnya kalau kita lihat sederhana saja, yaitu mengurangi intensitas makan kita atau dengan kata lain menghindari makan makanan secara berlebih.