Memilih Makanan Yang Baik Bagi Kesehatan Gigi Kita

Gigi merupakan alat pencernaan bagi kita yang sangat penting, dengan gigi kita bisa merasakan nikmatnya suatu makanan dengan mengunyahnya. Bayangkan kalau gigi kita ompong, tentu kelezatan makanan tidak akan terasa secara utuh oleh kita. Disamping itu mengunyah makanan secara sempurna menggunakan gigi kita akan membuat makanan terpecah menjadi kecil-kecil dan menjadi lebih lembut hal ini tentu saja akan memperingan kerja dari alat pencernaan kita yang lain untuk menyerap nutrisi dari makanan. Dengan berkembangnya kehidupan menjadi lebih modern maka makin meningkatnya konsumsi bermacam-macam makanan, hal ini ternyata membuat masalah tersendiri bagi kesehatan gigi, sudah banyak ditemui orang dengan gigi yang sudah tidak lagi utuh, karena ada satu atau dua yang sudah di cabut padahal usia yang dimilikinya relatif masih muda, namun sudah ompong. Karena makanan yang kita makan itu sendiri meninggalkan sisa sisa yang menempel pada email gigi kita.
Kebiasaan makan sampai dengan makanan atau minuman yang dipilih sangat berperan penting untuk kesehatan gigi kita. Berikut ini adalah beberapa tips bagaimanan memilih makanan yang baik bagi kesehatan gigi kita.

Hindari gula
Hindari makanan atau minuman yang memiliki kandungan gula dan karbohidrat yang sangat tinggi, teh manis, atau permen mengandung gula yang tinggi hal ini sangat tidak baik bagi gigi kita karena sisa sisa gula yang ada pada akan diubah menjadi asam oleh bakteri sehingga dalam jangka waktu tertentu akan membuat gigi kita rusak.
Hindari makanan yang berstekstur keras
Makanan seperti dagi atau tempe akan meninggalkan sisa makanan dengan mudah pada gigi kita, dalam waktu singkat daging dengan mudah membusuk dan mengeluarkan zat asam yang akan merusak gigi kita atau membuat lubang pada gigi kita. Dibandingkan dengan sisa-sisa makanan seperti sayur mayur daging memiliki kandungan asam yang sangat tinggi.
Selain itu makan makanan bertekstur keras akan membuat gigi kita bekerja dengan keras,hal  ini sangat tidak baik karena bisa membuat email kita yang akan mengelupas. Jika memang menyukai makanan daging usahakan jangan sampai meninggalkan sisa daging di gigi kita, gunakan tusuk gigi untuk menghilangkanya, daging sendiri cukup memerlukan waktu 48 jam untuk membusuk. Jika kita tidak sadar atau tidak mengetahui ada daging yang nyangkut pada gigi kita, cukup dengan mencium gigi kita, karena daging yang akan membusuk mengeluarkan bau yang tidak sedap.
Gunakan makanan pencuci mulut
Buah buahan sangat berguna untuk mencuci mulut kita, dengan kata lain buah sangat membantu kita untuk membersihkan makanan dalam mulut kita. Selain air putih buah juga membantu menentralkan mulut kita karena sehabis makan biasa mulut kita cenderung bersifat asam.
Buah yang sangat berguna untuk membersihkan mulut kita salah satu nya adalah apel dan jeruk, apel dan jeruk sangat efektif untuk membersihkan sisa sisa makanan dari makanan yang kita konsumsi. Mengkonsumsi apel akan membuat gigi kita terasa kesat atau berbunyi saat gigi bagian atas dan gigi bagian bawah bersentuhan itu menandakan bahwa gigi kita bersih.
Permen karet juga sangat berguna untuk membersih gigi kita dari sisa makanan, kebiasaan mengunyah permen karet sangat berguna bagi kebersihan gigi kita.
Terakhir kunyahlah makanan sebanyak 32 kali sebelum di telan, karena dengan mengunyah sebanyak 32 kali akan membuat kita makan secara perlahan sehingga makanan akan menjadi lebih lembut sebelum ditelan. Makanan yang sudah menjadi lembut sedikit meninggalkan sisa makanan pada mulut kita.