Mengenal Omega 3 Senyawa Baik Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Kenal dengan omega 3? Omega 3 merupakan senyawa yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kita, omega 3 merupkan antioksidan yang banyak sekai di kandung pada makanan ikan seperti tuna atau salmon. Saya sendiri pertama kali mendengar omega 3 ketika mencoba untuk mempelajari kandungan nutrisi dari ikan, disebutkan bahwa omega 3 merupakan kandungan penting pada ikan, salah satu kenapa bangsa jepang memiliki tingkat kecerdasan rata-rata dan awet muda adalah karena mereka sangat suka sekali mengkonsumsi ikan, dan omega 3 lah yang berperan pada tingkat kecerdasan mereka.
Depresi
Banyak sekali manfaat dari mengkonsumsi omega 3, dalam suatu penelitian disebutkan bahwa kandungan omega 3 dapat menurunkan tingkat depresi. Orang yang mengkonsumsi ikan secara rutin ternyata memiliki tingkat depresi yang rendah dibandingkan dengan merekan yang tidak pernah makan ikan. Pada suatu penelitian didapatkan hasil ternyata omega 3 mampu mencegah dan menyembuhkan penyakit bipolar dan skizofrenia
Menjaga kesehatan jantung
Salah satu manfaat populer dari senyawa omega 3 adalah mampu menjaga kesehatan jantung, omega 3 mampu membuat jantung berdetak secara teratur. Omega 3 mampu menjaga dinding arteri, memperlancar peredaran darah dengan cara menghindari penggumpalan darah yang dapat menjadi penyebab tekanan darah tinggi. Omega 3 juga berguna untuk menghilangkan lemak dalam darah serta menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam darah, seperti diketahui lemak dan kolesterol adalah penyebab utama dari timbulnya penyakit jantung.
Meningkatkan kecerdasan
Omega menjadi bahan yang populer saat ini karena sering nongol pada iklan susu anak usia balita, memang benar omega 3 pada berguna untuk meninkatkan kemampuan kognitif dari anak. Omega 3 sendiri terbukti memperkuat jaringa neuron dalam otak, melindungi sel otak serta meningkatkan aktivitas transmisi antar sel.
Omega 3 memiliki kandungan asam lemak yang sangat tinggi, namun yang paling penting adalah asam docosahexaenoic (DHA) dan eicosapentaenoic acid (EPA). Kedua asam lemak ini sangat berguna untuk menjaga kesehatan sel tubuh dan menunjang fungsi sel tubuh dari komunikasi antar sel dan metabolisme sel. Kedua asam lemak ini banyak sekali didapatkan pada ikan laut, pada penelitian pada pasien penyakit jantung, ternyata kedua asam lemak ini dapat memperpanjang hidup dari penderita.
Osteoporosis
Osteoporosis atau tulang rapuh menjadi permasalah yang sulit untuk dihindari karena pertambahan usia. Namun omega 3 mampu menurunkan potensi osteoporosis, karena membantu kepadaatan tulang. Pada penelitian menyebutkan ternyata bangsa jepang termasuk yang paling rendah potensi terkena serangan penyakit osteoporosis.
Menjaga kesehatan kulit
Omega 3 memiliki fungsi efektif untuk melindungi kulit dari kekeriputan, kulit kering, dan juga pada perandangan kulit. Omega 3 membantu regenerasi sel dengan baik dimana sek yang sudah mati digantikan dengan sel-sel yang baru. Juga melindungi sel kulit untuk hidup lebih lama dengan menangkal berbagai serangan radikal bebas yang dapat menyerang kulit, omega 3 juga berfungsi menjaga kelembaban dari kulit sehingga kulit akan terlihat tetap halus dan lembut. Maka tidak heran kalau mengkonsumsi ikan secara rutin akan terlihat lebih awet muda. Bicara sola awet muda, cobalah untuk melihat bangsa jepang yang memiliki umur panjang, bahkan saat ini bangsa jepang tercatat sebagai orang yang memiliki umur yang panjang dibandingkan dengan bangsa yang lainya.

Jadi tunggu apalagi? Jadikan makanan yang mengandung omega 3 sebagai makanan pokok anda, anda akan mendapatkan banyak sekali manfaat yang menyenngkan.