Meningkatkan Daya Ingat Dengan Mudah Dan Alami

Dengan bertambahanya usia maka akan diikuti dengan berbagai dampak penurunan berbagai fungsi sel pada tubuh kita, salah satunya adalah sel otak kita. Salah satu gejala penurunan fungsi sel otak kita adalah menurunya daya ingat kita. Memang tidak semata dikarenakan oleh usia kita, bisa juga dikarenakan pola hidup yang tidak sehat, seperti merokok yang memiliki dampak negatif bagi otak kita juga makan makanan instan seperti mie instan atau junk food lainya yang menandung banyak sekali radikal bebas yang sangat tidak baik bagi sel otak.
Perkembangan teknologi yang semakin modern juga memiliki kontribusi untuk menurunkan fungsi sel otak yang berujung pada menurunya daya ingat. Dengan banyak nya berinteraksi dengan tablet, smartphone, laptop akan membawa kelelahan mental pada sel otak kita, sehingga dalam jangka waktu akan membuat daya ingat kita akan menurun. Bayangkan saat ini siapa coba yang bisa hidup tanpa smartphone, layar smartphone selalu dilihat walaupun itu hanya sekedar ingin tahu status dari teman facebook kita. Ditambah lagi dengan semakin banyaknya game android yang bermunculan setiap harinya.
Studi terbaru menempatkan perkembangan teknologi sebagai penyebab paling utama penurunan daya ingat dibandingkan dengan gaya hidup tidak sehat atau makanan yang tidak sehat, untuk itu kita harus bijak dalam menggunakan atau memanfaatkan teknologi, ingat teknologi itu diciptakan untuk membantu kita menjadi lebih baik bukan sebaliknya. Perlunya beberapa tips untuk menghindari penurunan daya ingat dan juga meningkatkan daya ingat, berikut ini beberapa tips untuk meningkatkan daya ingat atau memori otak anda.
Selau penasaran
Pada suatu penelitian disebutkan bahwa orang yang memiliki rasa penasaran tinggi terhadap segala sesuatu memiliki daya ingat lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki rasa penasaran. Rasa penasaran dapat terjadi pada banyak hal dalam kehidupan kita sehari-hari mulai dari pelajaran sekolah, maupun dalam rumah kita. Rasa penasaran akan membuat kita melakukan banyak hal dan juga segala hal agar rasa penasaran kita menjadi hilang.
Pada satu penelitian menunjukkan rasa penasaran membuat sel otak lebih aktif, terutama hippocampus yang merupakan sel otak yang berhubungan dengan memori atau daya ingat. Pada orang yang memiliki rasa penasaran sel hippocampus terlihat tidak terlalu aktif. Akibat dari kurang aktifnya hippocampus adalah mudah lupa atau pikun.
Mengingat kata
Latihan mengingat kosakata baru juga sangat berguna untuk meningkatkan memori otak kita, dengan mengingat kosakata baru maka akan semakin banyak sel otak kita yang aktif. Dengan demikian menghafal kosakata baru akan meningkatkan daya ingat kita.
Selalu bahagia
Pada suatu penelitian menunjukkan bahwa otak lebih lebih lama menyimpan memori atau pengalaman yang menyenangkan dibandingkan dengan pengalaman-pengalaman yang tidak menyenangkan. Dengan selalu bahagia atau paling tidak menanggapi segala sesuatu secara positif akan membuat hippocampus lebih aktif dan pada akhirnya akan meningkatkan daya ingat kita.
Itu kenapa kita lebih bisa menyimpan memori atau pengalaman yang menyenangkan dibandinakan dengan pengalaman buruk. Namun kuncinya disini adalah cara kita menyikapi keadaan karena kadan seringkali kita memiliki pengalam yang tidak menyenangkan, dengan berpikir positif kita mampu meningkatkan daya ingat kita dengan baik.
Olahraga

Menerapkan gaya hidup dengan berolahraga sangat menunjang untuk meningkatkan daya ingat kita, olahraga setidaknya 20 menit tiap harinya akan membuat otak menjadi segar tidak suntuk sehingga membantu kita untuk mengingat sesuatu. Makan makanan bernutrisi juga sangat membantu seperti sayuran brokoli dan apel.