Menjaga Kesehatan Mata Dari Panas Sinar Matahari

Mata adalah bagian dari tubuh kita yang sangat penting, dengan mata kita mampu melihat indahnya dunia ciptaan tuhan, mata merupakan jendela bagi kita untuk mensyukuri semua ciptaan tuhan. Dengan berkembangan zaman yang semakin modern akhir-akhir ini cuaca menjadi tidak menentu kadang hujan tiada henti kadang musim kemarau yang suhunya bisa di atas 30 derajat, beda sekali dengan jaman dulu.
Hal ini bisa disebabkan oleh semakin berkembangnya ekonomi yang di motori oleh industri industri dimana banyak sekali pabrik yang menghasilkan banyak sekali polusi berdiri, disamping juga semakin meningkatnya jumlah kepemilikan kendaraan bermotor di muka bumi ini.
Dengan cuacar yang panas, maka secara tidak langsung akan berdampak pada mata manusia, interaksi dengan sinar ultraviolet akan menyebabkan mata mengalami gangguan mulai dari gangguan yang ringan seperti gatal-gatal sampai dengan gangguan yang berat seperti mata katarak. Dalam jangkan panjang akan menyebabkan kebutaan permanen pada mata. Di indonesia sendiri kasus semacam ini memang belum pernah terdengar namun di luar negeri kasus semacam ini terjadi dan jumlah kasus seperti ini dari tahun-ketahun semakin meningkat. Jadi tidak menutup kemungkinan di Indonesia juga akan banyak terjadi di masa yang akan datang.
Saat ini pun kita sudah jarang sekali mendapati orang-orang yang memiliki mata yang jernih seperti anak-anak kecuali yang pakai lensa mata tentunya. Mata yang jernih seperti yang dimiliki oleh anak-anak merupakan mata yang masih sangat sehat dan alami. Berikut ini adalah tips menjaga atau melindungi kesehatan mata dari panas sinar matahari.

Gunakan topi
Kalau kita mau keluar rumah di saat sian yang panas ada baiknya kita menggunakan topi, gunakanlah topi yang bundar seperti topi yang sering sekali di pakai oleh cowboy jaman dulu. Karena topi bundar akan lebih melindungi kamu dari sinar ultra violet yang datang dari segala arah, ingat sinar UV tidak hanya datang dari depan saja, namun datang dari semua arah. Topi bundar sangat membantu karena memiliki pelindung yang melingkar dibandingkan dengan topi yang hanya memiliki penutup atau pelindung di depan saja, jandi kita hanya terlindungi dari sinar matahari yang datang dari depan saja.
Gunakan kacamata anti UV
Gunakanlah kacamata yang anti terhadap sinar matahari, biasanya kacamata seperti  ini  berwarna gelap, namun tidak semua kacamata berwana gelap mampu melindungi kamu dari sinar matahari. Kacamata anti sinar matahari kebanyakan memiliki warna yang lebih gelap pada bagian atas kacamata tersebut. sederhananya gunakan kacamata yang sering dipakai oleh para turis yang datang ke tempat wisata indonesia terutama pantai, dari situ kamu akan tahu bahwa kacamata yang mereka pakai berwarna gelap mengkilap. Jangan lupa untuk memilih kacamata yang memiliki frame yang lebih besar, kacamata dengan frame yang besar akan melindung luas pandangan mata kamu, jadi mata kamu akan terlindungi dengan sempurna.
Gunakan payung
Kalau kita kepantai gunakan lah payung  pelindung ketika kita berjemuran di pasir pantai, dengan begitu kamu akan terlinding dari sinar ultraviolet dari manapun datangnya. Turis-turis bule  yang berkunjung ke Indonesia umum nya memakai payung seperti ini.
Konsultasikan ke dokter mata
Konsultasikan ke dokter mata yang kamu percaya, dokter mata umumnya tahu apakah mata kamu sudah terbakar sinar matahari apa belum, ini sangat penting untuk dilakukan tindakan medis yang lain jika perlu. Ingat semua cara di atas adalah untuk melindungi mata supaya tidak terbakar, bukan menyembuhkan mata yang sudah terbakar akibat sinar matahari.