Nutrisi Dan Manfaat Kentang Bagi Kesehatan Kita

Ketang merupakan salah satu sumber makanan yang memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, kentang memiliki rasa yang enak biasanya dihidangkan sebagai sebagai pendamping sayuran di nusantara kita. Berbagai makanan cepat saji juga sering menghidangkan kentang sebagai pendamping namun sayangnya pengolahanya digoreng yang tentu saja mengurangi kandungan gizi pada kentang itu sendiri.

Kentang juga kaya akan antioksidan seperti fitonutrien, karotenoid sehingga mampu menangkal serangan radikal bebas yang merusak tubuh. Kentang memiliki kandungan nutrisi antara lain vitamin C, mangan, fosfor, serat, potasium, vitamin B6, asam pantotenat.
Berikut ini adalah beberapa manfaat kentang bagi kesehatan kita
Kentang sangat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dalam tubuh karena memiliki senyawa kukoamines, kukoamines sendiri dalam berbagai penelitian telah terbukti menurunkan tekanan darah.
Membantu pembentukan sel tubuh
Kentang memiliki kandungan vitamin B6 yang tinggi, vitamin B6 ini berfungsi untuk mensitesa pembetukan protein dalam tubuh salah satu nya adalah asam amino dan juga asam nukleat dalam DNA kita. Asam amino dan asam nukleat sendiri berperan untuk membentuk sel-sel dalam tubuh sehingga vitamin B6 memiliki peran yang sangat penting dalam pembentukan sel tubuh kita.

Kaya akan vitamin D
Kentang memiliki kandungan vitamin D yang kaya sekali sehingga dapat membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Vitamin D pada kentang juga berperan untuk melindungi tulang dan gigi serta melindungi organ tubuh kita seperti jantung, kulit, tulang, saraf dan juga kelenjar tiroid.
Kaya akan zat besi
Kandungan zat besi pada kentang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita, karena berperan dalam produksi sel darah merah dan sel darah putih pada tubuh kita. Seperti yang diketahui ketahui kedua sel darah ini berperan untuk menunjang sistem kekebalan tubuh serta energi yang dibangun.
Kandungan vitamin C yang tinggi
Kentang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, vitamin C pada kentang berguna untuk mencegah dan mengkal penyakit flu, vitamin C juga berguna untuk melindungi tulang,  gigi, dan pecernaan kita. Dalam jangka panjang vitamin C berguna untuk mencegah serangan penyakit kanker.
Vitamin C juga merupakan sumber energi yang sangat baik, sehingga tidak heran kalau banyak sekali suplemen penunjang energi menggunakan vitamin C sebagai kandungan dasarnya yang bisa didapatkan dari berbagai macam buah seperti jeruk.
Memiliki kandungan kalium
Kentang memiliki kandungan banyak sekali kalium, kalium sangat berguna untuk melindungi tulang, dengan menjaga kepadatan tulang sehingga mencegah kita dari serangan penyakit osteoporosis. Selain itu kalium pada kentang juga bermanfaat untuk mengurangi pembengkakan atau peradanga dan bermafaat untuk menjaga ginjal karena mengendalikan aktivitas dari ginjal.
Mengandung Karotenoid
Kandungan Karotenoid pada kentang memiliki banyak sekali manfaat yang dapat menunjang kesehatan kita. Karotenoid pada kentang berperan penting untuk melindungi kesehatan mata sehingga terhindar dari menurunya fungsi mata jadi minus atau plus, Karotenoid juga berfungsi untuk menunjang sistem kekebalan tubuh kita. Karotenoid pada kentang merupakan salah satu antioksidan yang sangat baik, mampu melindungi sel-sel tubuh kita dari berbagai kerusakan sel karena serangan radikal bebas yang dapat menimbulkan oksidasi sel.

Karotenoid pada kentan juga sangat berguna melindung kulit kita dari serangang radikal bebas sehingga kulit kita akan terlihat tetap elastis dan muda. Dengan demikian kita dapat menghindari penuaan pada kulit karena kulit karena radikal bebas menyebabkan kulit menjadi lebih keriput.