Tips Jogging Untuk Kesehatan Kita

Jogging merupakan salah satu olahraga ringan yang sangat baik bagi kesehatan kita, jogging juga merupakan olahraga yang murah meriah. Jogging sendiri saat ini menjadi salah satu olahraga yang digemari oleh masyarakat banyak. Jadi jangan khawatir jogging sendirian atau tidak memiliki teman kalau kita jogging. Jogging mudah sekali dilakukan karena masuk kategori ringan, nggak usah lari jogging puluhan kilometer untuk jogging satu kilo pun sudah menyehatkan badan kita.
Berikut ini adalah tips melakukan jogging yang berguna bagi kesehatan kita:
Siapkan perlengkapan
Gunakan sepatu olahraga, atau lebih tepatnya sepatu yang digunakan untuk lari-lari. Kenakan juga pakaian yang santai seperti kaos dan celana pendek, karena dengan kaos dan celana pendek  tidak akan membuat kita kepanasan. Karena sewaktu kita jogging kita akan mengeluarkan keringat yang banyak dan suhu kita akan meningkat, menjadi panas. Usahakan juga menggunakan kaos dengan bahan yang mudah untuk menyerap keringat.
Kita juga bisa menggunakan semacam handuk kecil yang kita kalungkan di leher, handuk kecil ini sangat berguna untuk mengelap atau membersihkan keringat kita. Juga siapkan air putih jika kita istirahat di tempat jogging. Air putih sangat berguna bagi tubuh kita saat kita lelah air putih merupakan air yang menyehatkan tubuh dan mengembalikan energi kita. Selain itu membawa air putih sendiri dan meminum nya kalau istirahat akan menghindarkan kita untuk jajan di area kita jogging, yang mana jajanan atau minuman tersebut sebagian besar tidak menyehatkan.
Tempat jogging
Tempat jogging bisa dilakukan dimana saja, termasuk jogging di sekitar rumah kamu dengan jogging mengelilingi kampung. Jika kita punya kendaraan kita bisa pergi untuk jogging di sekitar lapangan bola dengan menelilingi pinggir lapangan, atau stadion setiap kota pasti punya stadion, minimal stadion bola. Enaknya jogging di stadion bola kita akan ketemu banyak sekali orang yang juga jogging jadi kita akan memiliki banyak sekali teman.
Jarak jogging
Jarak yang ditempuh dengan jogging sebaiknya disesuaikan dengan kemampuan kita sendiri. Untuk awal-awal dimana kita belum pernah melakukan jogging sama sekali jarak 1 kilometer tentu merupakan jarak yang ideal karena  untuk awal-awal otot kita sendiri belum terbiasa, dan fisik kita pun belum siap. Jika memang sudah jogging beberapa kali maka jarak tempuh jogging bisa bertambah, kebanyakan untuk orang yang sudah pengalaman lama jogging, biasanya sekali jogging jarak yang ditempuh adalah 6 kilometer.
Buat menyenangkan
Jogging juga bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan jika kita membekali diri kita dengan gadget yang berisi musik, tinggi colok earphone ke telinga maka kita bisa melakukan jogging dengan di iringi musik. Kita juga bisa membuat jogging terasa menyenangkan dan tidak membosankan jika kita jogging dengan teman-teman yang memang kita kenal, misalnya teman sekolah jadi kita bisa jogging dan istirahat sambil ngobrol-ngobrol dengan teman kita.
Lakukan dengan rutin
Usahakan melakkukan jogging dengan rutin, minimal satu kali seminggu jogging dengan rutin jauh lebih baik ketimbang jogging dengan jarak yang jauh namun tidak rutin sama sekali. Karena dengan jogging secara rutin akan membangun fisik dan otot kita menjadi lebih baik dalam jangka waktu yang lama.
Jogging
Ketika melakukan jogging pertama kali lakukanlah pemanasan agar otot-otot kita tidak mengalami kram ketika jogging nanti. Lakukan pemanasan selama 1-5 menit. Kemudian untuk jogging lakuakan dengan kecepata normal namun konsisten dari awal sampai akhir. Dalam beberapa kasus ada yang menggunakan kombinasi variasi kecepatan jogging lambat dan cepat.