Tips Memilih Makanan Sehat Untuk Diet

Makanan sehat merupakan kebutuhan penting yang tidak bisa ditawar apalagi dikehidupan yang serba modern saat ini. Melakukan diet selain untuk mengurangi berat bada juga untuk menjaga bahkan meningkatkan kesehatan kita, untuk itu dalam menjalani diet sehat kita juga harus mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi agar kita dapat menjaga kesehatan kita.
Memilih makanan yang sehat bisa dikatakan gampang-gampang susah, karena banyak sekali saat ini beredar di pasaran makanan yang kita sendiri tidak tahu makanan sehat seperti apa yang kita perlu kan. Berikut ini adalah tips atau pengetahuan untuk kita dalam pemilihan makanan sehat yang sangat berguna terutama untuk yang sedang menjalani program diet.
Tidak semua lemak itu jahat
Yang perlu kita ketahui tidak semua lemak itu jahat bagi tubuh kita ada juga lemak yang bagus untuk kesehatan kita. Omega 3 dan lemak tak jenuh adalah lemak yang justru mengandung gizi yang tinggi, dan juga berguna untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Minyak tak jenuh juga dapat kita jumpai pada kacang-kacangan, minyak zaitun, dan minyak ikan yang bila dikonsumsi secara rutin juga akan membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.
Yang perlu kita hindari adalah lemak jahat yang banyak sekali kita jumpai pada makanan siap saji, makanan junk food. Intinya kandungan lemak jahat yang tinggi seringkali dijumpai pada makanan olahan dibandingkan dengan bahan makanan alami seperti daging ayam atau daging sapi, makanan olahan seperti mie instan mengandung lemak jahat yang berpotensi untuk meningkatkan potensi serangan penyakit jantung, bahkan dibandingkan dengan nikotin dari rokok lemak jahat pada produk makanan olahan lebih berbahaya.


Karbohidrat
Karbohidrat merupakan sumber energi bagi kita, jadi salah kalau ada yang bilang bahwa kalau diet kita harus menghindari karbohidrat, karena dengan menghindari karbohidrat tubuh kita akan lemas karena kekurangan energi. Pilih makanan yang mengandung karbohidrat asli bukan karbohidrat turunan, maksudnya pilih makanan yang memiliki kandungan karbohidrat yang belum diolah menjadi makanan turunanya, misalnya: pilih nasi bukan nasi goreng, pulih roti gandum (biasanya berwarna coklat) bukan roti olahan (biasanya roti yang berwarna putih).
Karbohidrat yang belum mengalami proses pengolahan sendiri memiliki struktur yang sederhana sehingga lebih mudah untuk di serap tubuh dalam proses metabolisme.
Hindari garam
Hindari makanan yang memiliki kandungan garam yang tinggi, karenan makanan dengan kandungan garam yang tinggi akan menyebabkan asam lambung yang berlebih, juga menjadi penyebab penyakit tekanan darah tinggi, disamping itu juga menyebabkan osteoporosis.
Pilih makanan yang memiliki kandungan gizi yang tinggi
Beberapa makanan memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi, seperti bluebary memiliki kandungan vitamin, asam amino dan mineral yang tinggi. Sangat berguna untuk metabolisme, karena membantu usus kita dalam mengelola makanan. Kandungan omega 3 pada ikan salmon sangat berguna untuk kecerdasan otak, memperlancar peredaran darah, dan jantung kita.
Pola makan

Kita bisa memakai berbagai metode diet yang tersedia, cukup kita ketik di google maka kita akan disuguhi dengan berbagai macam metode atau teknik diet. Terlepas dari metode yang di pakai yang menurut saya sendiri semuanya bagus, yang terpenting adalah kita harus menjalani program diet yang kita ikuti dengan konsisten, perhatikan kemampuan diri kita sehingga tidak melakukan diet secara berlebihan. Melakukan diet yang berlebihan akan membuat kita melakukan dendam dengan makan yang banyak karena merasa lapar ketika diet.