Tips Menjaga Rambut Agar Tidak Rontok

Rambut merupakan mahkota bagi kita sebagai manusia tidak hanya bagi wanita tapi juga bagi pria, rambut rontok merupakan masalah yang tidak bisa dianggap remeh, rambut rontok akan membuat kita tidak percaya diri. Paling tidak kita sendiri pernah mengalami rambut rontok walaupun pada hakekatnya rambut kita tiap hari nya memang rontok secara alami minimal 60 lembar.
Namun rambut rontok yang lebih dari itu dan tidak tumbuh lagi adalah suatu ketidaknormalan. Rambut rontok sendiri bisa merupakan cerminan gaya hidup kita yang membuat rambut kita sendiri menjadi tidak sehat, mulai dari gaya hidup sampai dengan makanan yang kita konsumsi.
Berikut ini adalah tips atau cara untuk menjaga agar rambut kita tidak rontok:
Gizi makanan
Rambut kita sama dengan bagian tubuh kita yang lain, rambut juga memerlukan gizi atau nutrisi, protein merupakan  salah satu kandungan gizi yang sangat dibutuhkan oleh rambut kita. Makanan yang memiliki kandungan protein sangat baik untuk kesehatan kulit kepala dan rambut kita, kandungan protein bisa kita dapatkan pada makanan seperti ikan dan telor, selain itu beberapa ikan seperti ikan salmon juga mengandung omega 3 yang sangat bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit kepala kita dan mencegah kekeringan baik pada kulit kepala maupun pada rambut kita, rambut yang kering dan memiliki kelembaban yang kurang akan rapuh sehingga mudah patah atau rontok.
Vitamin B juga sangat penting untuk membuat rambut kita tetap sehat, kita bisa menemukan banyak sekali nutrisi vitamin B di buah-buahan, sayur sayuran, dan daging ayam (daging dengan rendah lemak).
Emosi kita
Emosi  juga sangat mempengaruhi rambut kita, emosi yang cenderung tidak stabil dan stres akan membuat rambut jadi rontok. Stres dapat dapat meningkatkan hormon kortisol kita dimana hormon tersebut dapat memicu kerontokan rambut, kita bisa menghindari stres dengan mendekatkan diri kita dengan Tuhan Yang Maha Esa. Menerapkan pola hidup sehat dengan olahraga secara rutin, istirahat yang cukup juga bisa menghindarkan kita dari stres.
Kulit kepala
Kulit kepala tempat tumbuhnya rambut juga sangat penting untuk dijaga kesehatanya, karena kulit kepala sendiri selain sebagai tempat tumbuhnya rambut juga berfungsi untuk menyuplai darah ke rambut, selain itu kulit kepala juga merupakan tempat bagi hormon yang mempengaruhi pertumbuhan rambut. Kulit kepala yang lembab dan tidak kering bisa merupakan kulit kepala yang sehat, sedangkan kulit kepala yang kering akan membuat rambut mudah patah karenan mengalami dehidrasi kekurang suplai  vitamin dan nutrisi lainya. Sumber vitamin E yang banyak sekali didapatkan pada stroberi dan vitamin C yang banyak sekali kita dapatkan pada brokoli atau buah-buahan yang lain sangat baik bagi kesehatan kulit kepala kita karena menjaga sirkulasi peredaran darah dalam kulit kepala kita.
Selalu memakai topi atau penutup kepala secara terus menerus juga sangat tidak baik bagi kesehatan rambut dan kulit kepala kita. Pemakaian topi atau penutup kepala yang lain akan membuat, kurang lancarnya peredaran darah dari kulit kepala kita dan udara yang tidak bisa masuk sehingga akan menyebabkan kerontokan rambut. Selain itu dalam beberapa kasus banyak yang mengalami kerontokan rambut karena penutup kepala yang tidak steril atau bersih.
Periksa ke dokter
Semua langkah diatas adalah cara untuk menghindari kerontoka rambut, namun ada jenis kerontokan rambut dikarenakan suatu  penyakit tertentu misal kanker karena penyakit tertentu mempengaruhi hormon yang menunjang pertumbuhan rambut seperti androgen. Untuk itu perlunya konsultasi ke dokter untuk mengetahui penyebab rambut kita yang rontok.