Tips Mindset Yang Benar Untuk Diet Kita

Diet yang baik tidak cukup hanya dengan menghindari makanan tertentu, atau mengurangi jumlah makan kita dalam satu hari. Karena dalam beberapa kasus ternyata banyak diet yang hanya sukses tapi hanya sementara, dimana badan turun menjadi ideal namun selang beberapa waktu kedepan ternyata berat badan menjadi melar lagi. Untuk itu diperlukan suatu mindset atau cara pandang yang benar terhadap diet yang sedang dijalani, dengan memiliki cara pandang yang benar, diet akan dapat berjalan dengan mudah, dan hasil yang dicapai bersifat jangka panjang.
Berikut ini adalah beberapa tips bagaimana mindset yang benar buat kita yang menjalani diet.

Tentukan kebutuhan kita
Penting sekali untuk menentukan jumlah kebutuhan kita akan kalori, asal tahu saja tiap orang yang satu dengan yang lain memiliki jumlah energi kalori yang berbeda sesuai dengan keadaan fisik dan aktivitas yang dijalani nya. Orang yang memiliki badan lebih tinggi dan tulang yang lebih besar tentu memiliki kebutuhan akan energi atau kalori yang lebih dibandingkan dengan yang lain, untuk itu dalam banyak kasus orang dengan tubuh yang tinggi dan tulang yang besar lebih mudah untuk kurus ketimbang gemuk dengan kata lain susah untuk gemuk. Namun ada juga yang memiliki tubuh tinggi dan tulang yang besar namun mengalami kegemukan.
Orang yang memiliki tubuh lebih pendek dan tulang lebih kecil tentu memiliki kebutuhan lebih rendah, dalam banyak kasus mengkonsumsi makanan dengan jumlah lebih membuat orang dengan tipe ini mudah untuk menjadi gemuk.


Sarapan
Sarapan itu penting untuk energi yang akan kita gunakan untuk menjalani aktivitas dalam satu hari, banyak sekali yang berpikir bahwa dengan tidak sarapan kita bisa menurunkan berat badan, padahal secara ilmiah makanan yang kita makan pada waktu sarapan akan terserap menjadi energi yang kita gunakan baik untuk bekerja maupun menjalani aktivitas lainya. Dalam banyak sekali kasus ternyata tidak sarapan justru membuat tubuh akan semakin gemuk, tidak sarapan akan membuat kita balas dendam pada siang harinya, karena pada waktu proses metabolisme yang berlangsung pada pagi hari sampai siang hari tidak ada makanan yang bisa diserap oleh tubuh. Hasilnya justru tidak sarapan akan membuat kita balas dendam dengan makan lebih banyak pada waktu siang hari.
Kita bisa sarapan hanya buah-buahan atau mungkin sepotong roti ketika menjalani diet, hal ini jauh lebih baik untuk menghindari kita dari balas dendam pada waktu siang hari.

Biasakan makan dengan pelan
Biasakan untuk makan dengan secara perlahan, makan dengan 32 kunyahan itu sangat penting bagi kesehatan kita. Karena makan secara perlahan dengan 32 kunyahan akan membuat makanan tergerus lebih halus, sehingga sistem pencernaan kita tidak akan bekerjan terlalu keras ketika menyerapnya. Makan secara perlahan juga membuat kita tidak terburu-buru, makan secara buru-buru tidak baik untuk sistem pencernaan kita, karena bagaimanpun juga alat-alat pencernaan kita perlu penyesuain secara pelan bukan sporadis.

Makan teratur
Makan dengan teratur sebanyak tiga kali sehari itu tetap penting karena sesuai dengan siklus metabolisme kita dalam satu hari, jangan sekali-sekali untuk mengacaukan pola makan ini dalam satu hari. Diet hanya dilakukan dengan mengurangi jumlah makanan yang dikonsumsi, konsumsi makanan yang sehat saja, karena diet bukan hanya untuk menurunkan berat badan saja tapi juga sehat.

Cintailah air putih karena air putih berguna untuk membantu proses metabolisme kita. Hindari minuman ringan seperti cola atau minuman berkarbonasi lainya. Minuman ringan mengandung kalori yang jahat, yang sulit untuk dicerna dalam metabolisme kita.