Tips Pola Hidup Jantung Sehat

Kebiasaan hidup yang tidak sehat akan meningkatkan resiko penyakit jantung, kebiasaan hidup yang tidak sehat ini biasanya dipengaruhi aktivitas kerja sehingga kesulitan untuk mengembangkan pola hidup sehat tekanan darah tinggi menjadi gejala pertama dari serangan jantung. Kesibukan kerja membuat tidak memiliki waktu untuk sekedar olahraga, kesibukan kerja juga seringkali menjadi penyebab utama stres. Stres merupakan salah satu penyebab utama bagi penyakit jantung disamping makanan dewasa ini. Stres dapat meningkatkan tekanan darah tinggi dengan cepat.
Berikut ini adalah beberapa tips kebiasaan hidup yang menunjang kesehatan jantung kita.
Rutin memeriksakan tekanan darah
Memeriksa tekanan darah secara rutin sangat di anjurkan, karena berguna untuk mengetahui seberapa besar tekanan darah dan bagaimana perkembangan tekanan darah kita dari waktu ke waktu. Pemeriksaan tekanan darah bisa dilakukan di puskesmas, atau dokter terdekat kita juga bisa berkonsultasi apakah tekanan darah kita termask normal atau tidak, dan bagaimana makanan atau pola hidup yang baik untuk menurunkan tekanan darah kita.
Kalau memang bisa memeriksa tekanan darah sendiri itu akan lebih baik, dengan membeli peralatan untuk memeriksa tekanan darah kita bisa memeriksa tekanan darah kita sewaktu-waktu dengan begitu kita lebih cepat mengetahui tekanan darah kita dan melakukan pencegahan sedini mungkin.
Berat badan
Selalu perhatikan berat badan kita, seringkali berat badan selalu berkaitan dengan tekanan darah kita, dan konsultasikan ke dokter berat badan yang ideal untuk anda.
Joging
Lakukan joging di sekitar rumah setiap hari paling tidak selama 30 menit, joging dilakukan dengan ringan-ringan saja, setengah jogin setengah jalan. Jalan pun selama 30 menit tiap harinya juga sangat baik bagi jantung kita. Selain itu dengan joging kita mampu mengendalikan tingkat stres kita, jalan atau joging disekitar rumah membuat kita menghirup udara yang segar, dengan pemandangan lingkungan luar akan membuat otak kita jadi segar selain hati menjadi adem tentunya sehingga kita dapat menghindari stres.
Hindari makanan yang berbahaya bagi jantung
hindari alkohol karena alkohol akan memperburuk tekanan darah membuat hipertensi. kopi juga merupakan salah satu minuman yang harus dihindari karena kopi mengandung kafein yang akan mempercepat denyut jantung yang pada akhirnya akan mengakibatkan hipertensi, selain itu kopi dapat menyebabkan gangguan susah tidur dimana istirahat atau tidur secara teratur merupakan salah satu faktor penting untuk menunjang kesehatan jantung.
Hindari stres
Stres merupakan salah satu penyebab utama dari hipertensi dan penyakit jantung, pastikan terlebih dahulu kalau penyebab tekanan tinggi yang dialami adalah karena stres. Menghindari stres dapat dilakukan dengan mudah diantaranya olahraga denga ruti setiap harinya, menjalankan ibadah seperti sholat juga merupakan cara yang sangat efektif untuk menghindari stres. Olahraga yang berdimensi spiritual seperti yoga sangat baik untuk menangkal stres, karena yoga sendiri merupakan olahraga yang bertujuan untuk mengelola emosi kita secara efektif.
Bersosialisasi dengan teman atau saudara juga bisa menghindarkan stres, bertemu dengan teman dan mencurahkan segala permasalahan yang kita alami merupakan cara mudah namun sangat efektif menghindari stres karena kita mencoba untuk setidak memperingan beban yang ada dalam pikiran kita.
Demikian tips untuk memiliki kebiasan pola hidup sehat, pola hidup sehat pada intinya adalah bagaimana kita hidup secara berimbang dari olahraga, emosi atau spiritual, dan makanan sehat. Dengan hidup yang imbang maka kita bisa menghidari hipertensi dan serangan penyakit jantung.