4 Manfaat Utama Serai Bagi Kesehatan Kita

Tulisan kali ini mengulas Manfaat serai bagi kesehatan, Kenal dengan serai? Biasanya kita mendapati banyak serai di halaman rumah-rumah karena serai biasanya juga dijadikan tanaman pada kebun halaman biar kelihatan cantik, selain itu serai juga berguna sebagai penyedap masakan, karena masakan yang di tambahi dengan daun serai memiliki cita rasa yang khas, untuk hal ini serai memiliki kesamaan manfaat dengan daun salam. Untuk itu bagi orang  yang sangat hobi memasak tentu mengenal dengan baik tanaman serai.
Serai selain manfaat serai wangi seperti yang disebutkan diatas serai juga memiliki banyak sekali manfaat seperti untuk kecantikan karena berguna sekali untuk menjaga kulit. serai juga memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. karena serai sendiri mengandunga banyak sekali kandungan vitamin dan mineral  Beberapa manfaat serai untu menunjang kesehatan tubuh adalah: mencegah kanker, antioksidan, mencegah nyeri sendi, dan saki  perut masih banyak lagi manfaat serai bagi kesehatan kita. Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah beberapa manfaat serai bagi kesehatan kita:

Anti bakteri
Serai sangat efektif untuk melindungi berbagai serangan bakteri berbahaya terhadap tubuh, karena serai memiliki kandungan Citral berguna untuk menangkal berbagai macam bakteri atau virus berbahaya. Citral sendiri merupakan salah satu senyawa yang membuat serai itu memiliki aroma wangi sehingga seringkali dipakai sebagai tambahan penyedap aroma pada makanan.
Kecantikan
Serai juga memiliki manfaat untuk menjaga kecantikan karena serai memiliki kandungan antioksidan dan vitamin C yang tinggi, sehingga serai sangat berguna untuk menangkal radikal bebas yang menyerang kulit. radikal bebas seperti polutan sendiri merupakan salah satu penyebab utama kulit menjadi keripu kusam dan kelihatan lebih tua. Serai juga akan menjaga kelembaban kulit sehingga kulit akan terlihat tetap elastis dan tetap kelihatan lebih awet mudah.
Anti kanker
Serai memiliki manfaat untuk mencegah serangan penyakit kanker, karena serai  sendiri merupakan tanaman yang sangat kaya akan kandungan antioksidan. Dimana antioksidan sendiri sangat efektif untuk mencegah kanker. Selain itu kandungan vitamin A yang tinggi efektif untuk menurunkan resiko kolesterol karena membantu pertumbuhan bakteri baik pada usus sehingga berguna untuk menghancurkan penumpukan kolesterol berlebih, penumpukan kolesterol sendiri merupakan salah satu penyebab utama dari timbulnya penyakit kanker.
Detoksifikasi
Serai memiliki kemampuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, salah satunya adalah dengan membantu proses detoksifikasi pada tubuh. Detoksifikasi sendiri merupakan proses dalam tubuh untuk menghilangkan atau mengeluarkan racun dalam tubuh, racun atau toksin sendiri dikeluarkan dari tubuh melaui kotoran atau keringat. Dengan demikian serai sendiri efektif untuk menangkal berbagai serangan radikal bebas seperti yang ada pada polusi udara.
Menyembuhkan penyakit demam
Serai atau sere bermanfaat bagi kesehatan seperti menyembuhkan penyakit demam, hal ini sudah dipercaya dari dulu dimana serai memiliki kandungan senyawa anti-piretik yang berfungsi untuk menghilangkan demam, menghirup uap dari serai dapat meningkatkan jumlah keringat yang keluar dari tubuh dan pada akhirnya akan menurunkan suhu tubuh atau menurunkan demam. Disamping itu serai juga dipercaya untuk menghilangkan sakit tenggorokan dan melancarkan pernapasan.
Menghilangkan nyeri
Hal lain dari manfaat serai bagi kesehatan adalah menghilangkan berbagai sakit nyeri, baik itu nyeri sendi maupun nyeri otot. Karena serai efekti untuk relaksasi otot sehingga menhindari kejang otot, kejang otot sendiri merupakan penyebab utama dari berbagai sakit nyeri seperti nyeri sendi,  sakit kepala, nyeri otot dan kram otot.