4 Tips Untuk Meningkatkan Kualitas Tidur

Meningkatkan kualitas tidur kita sangat penting sekali bagi kita baik untuk kesehatan maupun alasan lainya yang  sangat banyak. Tidur sendiri merupakan kegiatan untuk beristirahat mendapatkan kembali tenaga setelah bekerja seharian. Tidur juga merupakan kegiatan bagi sel tubuh untuk memperbaiki sel dirinya. Dalam hal psikis tidur juga sangat penting karena otak kita juga perlu istirahat agar kembali fresh pada waktu bangu kesokan harinya.
Namun dengan kehidupan yang semakin modern sulit tidur menjadi permasalahan tersendiri, gaya hidup yang serba cepat dan mondern membawa perubahan dimana banyak sekali yang mengalami sulit tidur atau lebih dikenal dengan penyakit insomnia. Sehingga kurang tidur akan menyebabkan kurangnya produktifitas dalam pekerjaan karena kurangnya tenaga dan tidak fokus dalam bekerja.


Idealnya untuk ukurang dewasa jumlah jam tidur yang paling ideal adalah antara 7 jam sampai dengan 8 jam. Banyak yang berpikiran bahwa jika kita kurang jumlah jam tidur ketika malam hari kita bisa menggantinya dengan tidur di siang hari, padahal tidur di siang hari tidak banyak membantu. Tidur siang memang sangat penting untuk instirahat sebentar dan menjaga tubuh agar tetap fresh dan fokus dalam bekerja, tidur siang hari paling lama adalah satu jam. Namun demikian tidur siang hari dan tidur malam hari merupakan dua hal yang berbeda, tidur di siang hari sama sekali bukan untuk menggantikan tidur malam yang kurang.
Yang perlu diingat bahwa kurang tidur pada malam hari akan membuat kesehatan kita terganggu karena kurang tidur akan menyebabkan kita menjadi mudah depresi dan stres. Kurang tidur akan menimbulkan potensi serangan penyaki seperti tekanan darah tinggi dan penyakit jantung, kurang tidur juga akan membuat kita menjadi mudah mengalamin kegemukan. Untu itu sangat diperlukan tidur sehat yaitu tidur dengan waktu yang cukup agar kita dapat menjaga kesehatan kita. Berikut ini adalah beberapa tips yang sangat berguna agar kita bisa dengan mudah tidur cepat.
Hindari makanan berat sebelum tidur
Hindari makanan berat sebelum tidur, beberapa orang sangat hobi untuk makan dalam porsi yang besar sebelum tidur. Makan makanan berat sebelum tidur akan sangat mengganggu tidur kita, karena makanan berat akan membuat metabolisme kita menjadi kerja keras sehingga kita akan mengalami sulit tidur dan kualitas tidur kita akan terganggu. Untuk makan makanan berat usahakan makan 3 jam sebelum tidur, karena waktu 3 jam adalah waktu yang cukup untuk metabolisme kita bekerja.
Hindari kafein
Hindari kopi karena mengandung zat yang berfungsi sebagai peransang terhadap otak kita sehingga membuat kita menjadi terjaga mudah cemas dan sulit tidur. Minum kopi sebelum kita tidur juga sangat tidak baik bagi tubuh karena tubuh kita akan mengalami dehidrasi lebih ingat tubuh kita tidak mendapatk mineral paling tidak 8 jam pada waktu kita tidur.
Hindari jam alarm
Hindari memasang alarm untuk membangunkan tidur kita, karena alarm akan merusak kualitas tidur kita. Alarm memang dapat membuat kita bangun tepat waktu namun yang perlu diketahui alarm membuat kita bangun dengan keadaan yang yang tidak segar bugar.
Tenangkan pikiran
Kebanyak sulit tidur disebabkan oleh kurang tenangnya pikiran pada waktu tidur, terlalu banya pikiran yang lalu lalang ketika kita tidur. Mendengarkan musik sebelum tidur sangat membantu untuk membuat pikiran kita menjadi tenang. Beribadah atau sholat sebelum tidur juga sangat membantu karena membuat pikiran kita menjadi sangat tenang.