Bagaimana Agar Tubuh Tidak Mudah Lelah?

Anda mudah lelah ketika selesai bekerja? Padahal pekerhaan yang anda jalankan tidak seberat biasanya tapi badan anda terasa lelah sekali, dalah titik ekstrim bahkan melakukan pekerjaan yang ringan dengan jangka waktu yang sebentar. Hal ini tentu saja sangat mengganggu untuk melakukan berbagai aktivitas, terutama buat anda yang sudah bekerja. Stamina merupakan hal yang sangat penting karena bekerja merupakan aktivitas yang dilakukan rutin tiap harinya.
Mudah lelah sangat mengganggu produktivitas kinerja kita selain produktivitas kita juga kosenstrasi kita dalam berbagai hal juga sangat menurun. Mudah lelah juga dapat menyebabkan beberapa serangan penyakit berbahaya seperti stroke. Mudah lelah dapat oleh gaya hidup yang tidak teratur, kurang mampu untuk jumlah energi yang dipakai, juga tidak mampu menyimpan energi dengan lebih baik.
Jadi menghindari mudah lelah atau capek makan kita harus menerapkan pola hidup yang seimbang, dimana ada saat bekerja dan ada saat dimana kita harus istirahat. Harus menggunakan waktu liburan semaksimal mungkin karena liburan merupakan waktu yang sangat baik untuk membangun energi dan pikiran agar siap ketikan akan bekerja lagi, tidur tepat waktu dan menghindari begadang adalah syarat utama agar kita terhindar dari kelelahan.
Namun demikian ada beberapa tips bagaimana kita menghindari kelelehan sehingga bekerja akan menjadi lebih produktif dan menyenangkan. Berikut ini adalah beberapa tips bagaimana menghindari  mudah lelah.
Hindari kafein
Hindarilah minum kopi paling tidak 6 jam sebelum tidur malam, karena kafein dapat mengganggu pola tidur kita, tidur menjadi tidak nyaman bahkan dapat membuat kita untuk tidur lebih malam tentu hal ini sangat buruk, karena tidur yang cukup akan memberikan kita energi yang cukup untuk memulai kerja keesoka harinya dan juga menhindarkan tubuh dari kondisi mudah lelah. Kafein mengganggu neurotrasmiter kita dan meningkatkan produksi kelenjar andrenal sehingga mengganggu tidur kita.
Hindari gula
Hindari untuk mengkonsumsi gula atau makanan yang mengandung gula sebagai pemanis secara berlebih. Karena gula dapat menstimulus kelenjar andrenal untuk memproduksi kortisol dan zat steroid yang membuat energi kita cepat terkuras sehingga kondisi tubuh akan mengalami mudah lelah.
Makan siang
Makan siang dengan porsi yang lebih besar dibandingkan dengan sarapan atau makan malam akan membantu kita untuk mendapatkan sejumlah energi yang sangat besar karena untuk diketahui, aktivitas metabolisme kita mengalami puncaknya ketika waktu siang. Usahakan untuk makan makanan yang mengandung protein tinggi dan juga sayur-sayuran yang memiliki nutrisi dan vitamin yang tinggi dan ditutup dengan makan buah-buahan sebagai penutup makanan sehingga berguna sebagai bahan bakar energi melanjutkan kerja.
Jangan takut untuk makan nasi karena takut gemuk, karena aktivitas yang tinggi pada waktu siang hari akan melarutkan berbagai kandungan karbohidrat sehingga dapat diubah menjadi energi secara sempurna.
Tidur dengan nyaman
Cobalah untuk tidur dengan nyaman sehingga ketika bangun tidur badan akan terasa segar dan mendapatkan energi yang cukup untuk menjalankan aktivitas kita sehari-hari. Matikan lampu ketika akan tidur, menurut penelitian tidur dalam gelap akan lebih membuat kita menjadi cepat tidur dan lebih lelap. Singkirkan segala hal yang dapat mengganggu kita tidur seperti suara-suara berisik dari televisi dan jangan sekali-kali untuk membaca buku sebelum tidur karena membuat tidur tidak nyenyak. Makan sebelum tidur juga kurang baik, karena pada waktu tidur sebenarnya kita juga memberika waktu bagi metabolisme kita untuk istirahat.