Berbagai Makanan Kacang Yang Bermanfaat Untuk Menunjang Kesehatan Kita

Kacang merupakan makanan yang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan kita. Kacang sendiri merupakan salah satu makanan favorit karena memiliki rasa yang enak dan gurih. Kacang sangat cocok sebagai makanan ringan camilan sehari-hari, terutama bagi yang hobi makan camilan kacang bisa menjadi bahan camilan utama karena selain enak juga memiliki manfaat yang bagus bagi kesehatan.
Nah buat anda yang sangat hobi makan camilan atau suka dengan kacang. Berikut ini adalah beberapa kacang yang bisa dijadikan bahan camilan sehat.
Kacang almond
Kacang almond merupakan salah satu kacang yang asli berasal dari daerah asia. Kacang memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan kita, kacang almond sangat menunjang sel otak kita agar bekerja secara optimal. Hal ini dikarenakan kacang almond mengatur produksi dari hormon dopamin pada otak kita. Hormon dapomin sendiri merupakan salah satu hormon yang sangat penting untuk perkembangan otak, meningkatkan memori otak dan menenangkan suasana hati maka tidak heran kalau dopamin sangat berguna untuk meningkatkan kecerdasan otak.
Orang jaman dulu sudah mengkonsumsi kacang almond dengan merendamnya terlebih dahulu selam semalaman, dan kemudian didapatkan kacang almond yang lebih besar dua kali lipat dibandingkan sebelumnya. Cara ini ternyata menurut penelitian mampu memberikan nutrisi dan gizi lebih optimal.
Kacang mete
Kacang mete merupakan salah satu jenis kacang yang sudah tidak asing lagi bagi kita, kacang mete sangat bermanfaat untuk menunjan kesehatan kita karena memiliki sejumlah nutrisi yang tinggi. Kacang mete mengandung nutrisi tinggi seperti selenium, tembaga dan seng sehingga sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita, membantu penyerpan mineral dan vitamin dalam tubuh, dan membantu kesuburan.
Kacang mete juga diketahui sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung kita dengan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Karena mampu menurunkan kadarn kolesterol jahat kacang mete juga sangat berguna untuk mencegah tekanan darah tinggi dan obesitas atau kegemukan.
Kacang tanah
Kacang tanah merupakan salah satu jenis kacang yang sangat populer dinegara kita karena tumbuh dengan baik terutama di negara kita. Kacang tanah memiliki manfaat bagi kesehatan kita karena bermanfaat untuk menjaga kecantikan dan menjaga kesehatan rambut. Kacang tanah sendiri memiliki kandungan asam lemak yang tinggi, namun jenis lemak pada kacang tanah adalah lemak baik sehingga sangat menunjang kesehatan kita.
Kandungan asam lemak yang baik pada kacang tanah sangat membantu untuk menurunkan berat badan karena menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh kita. Pada satu penelitian penderita obesitas memiliki kemampuan untuk menurunkan berat badan lebih optimal  dua kali lipat dibandingkan dengan merekan yang tidak makan kacang tanah.
Kandungan lemak baik dalam kacang tanah ini juga membantu kulit untuk tetap terlihat halus dan menghindari penuaan dini. Selain itu kacang tanah diketahui juga membantu untuk meningkatkan suasana hati sehingga dapat menghindari stres dan meningkatkan daya memori dari otak kita.
Kenari
Kenari merupakan salah satu jenis kacang yang memiliki segudan manfaat bagi kesehatan kita. Kacang kenari memiliki kandungan nutrisi omega-3 yang sangat tinggi sangat berguna untuk mengatur lipid darah sehingga membantu untuk mencegah dan melawan penyakit jantung dan juga stroke.
Kenari juga memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi sehingga berperan penting untuk mencegah dan melindungi tubuh dari serangan kanker, serta berperan penting untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh kita.