Berbagai Makanan Mengandung Zat Besi

Manfaat bahan makanan yang mengandung zat besi sangat penting sekali bagi tubuh kita karena besi merupakan nutrisi mineral yang berfungsi untuk membentuk unsur hemoglobin dalam darah. Hemoglobin sendiri merupakan salah unsur yang sangat penting bagi darah. Hemoglobin lah yang membuat darah menjadi berwarnan merah.
Hemoglobin sendiri memiliki fungsi untuk mengangkut air dan oksigen untuk disalurkan keseluruh bagian tubuh, karena fungsinya ini orang kekurangan zat besi akan menjadi mudah lelah, menurunya sistem kekebalan tubuh, peradangan lidah dan menurunkan tingkat kecerdasan.
Kekurangan zat besi sendiri bukan perkaran yang mudah untuk menyembuhkanya karena membutuhkan waktu yang tidak sedikit untuk mendapatkan kemballi tubuh yang sehat dan tidak kekurangan zat besi, kisaran waktu yang dibutuhkan adalah satu sampai dua bulan. Bagaima caranya? Caranya tentu saja sangat mudah yaitu mengkonsumsi berbagai makanan yang kaya akan nutrisi zat besi.

Berikut ini adalah beberapa bahan makanan yang sangat kaya akan kandungan zat besi.
Sayuran
Sayuran merupakan salah satu bahan makanan yang memiliki kandungan zat besi yang sangat tiggi. Karena kandungan zat besi pada sayuran yang sangat tinggi maka sayuran bermanfaat untuk menunjang kesehatan pada ibu hamil, menunjang pertumbuhan anak dan membantu orang sakit untuk cepat pulih.
Kandungan zat besi pada sayuran bermanfaat untuk membangun dan membentuk kembali kadar unsur hemoglobin dalam darah sehingga membuat tubuh memiliki asupan yang cukup untuk nutrisi zat besi.
Kismis
Kismis adalah salah satu buah yang memiliki cita rasa yang sangat enak, dibalik rasanya yang sangat enak kismis memiliki kandungan zat besi yang sangat tinggi sehingga mampu memberikn asupan yang cukup terhadap tubuh. pada suatu penelitian diketahui bahwa buah kismis memiliki kandungan 1/2 cangkir kismis mengandung 1.6mg besi suatu jumlah yang sangat mencukupi bukan bagi kebutuhan kita akan zat besi.
Delima
Buah delima adalah buah dengan kandungan nutrisi yang tinggi sangat menunjang kesehatan kita dengan mencegah dan mengobati berbagai penyakit yang disebabkan oleh kekurangan zat besi seperti anemia.
Delima sangat direkomendasikan karena mampu menunjang kesehatan ibu hamil, dalam penelitian yang lainya buah delima sangat berguna untuk menurunkan resiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Untuk itu buah delima bisa menjadi bagian dari menu diet sehat
Semangka
Semangka merupakan buah yang memiliki kandungan air yang sangat tinggi sehingga memiliki cita rasa yang menyegarkan dan manis tentunya. Semangka memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi sekali termasuk zat besi dan vitamin C. Tambahan vitamin C pada kandungan nutrisi buah semangka dapat membantu tubuh untuk menyerap zat besi secara lebih optimal.
Buah jeruk
Jeruk merupakan salah satu buah yang sangat populer di seluruh dunia. Buah jeruk memiliki kandungan antioksidan dan vitamin C yang sangat tinggi. Kandungan nutrisi berupa vitamin c pada buah jeruk dapat menunjang tubuh untuk menyerap zat besi dari berbagai makanan yang dikonsumsi.
Itulah berbagai bahan makanan yang bisa dijadikan bahan untuk menyuplai asupan zat besi ke dalam tubuh kita. Berbagai makanan yang telah disebutkan diatas memiliki berbagai bahan nutrisi tidak hanya zat besi namun juga nutrisi lainya.
Orang yang biasanya menderita kekurangan zat besi memiliki tekanan darah yang rendah dan mudah pusing, jika sudah mengalami tanda seperti ini ada baik nya untuk mengganti makanan sehari-hari dengan makanan yang kaya akan zat besi.