Dampak Buruk Ponsel Atau Smartphone Bagi Kesehatan Kita

Dampak Buruk Ponsel Atau Smartphone Bagi Kesehatan Ponsel saat ini memegang peranan yang sangat penting bagi kehidupan kita, hampir bisa dipastikan tanpa ponsel kita tidak dapat hidup. Bisa dikatakan ponsel telah merubah gaya hidup kita, tidak jarang kita mendapati orang-orang di jalan menggunakan ponsel secara terus menerus. Namun penggunaan ponsel secara terus menerus apakan baik bagi kesehatan kita? Banyak yang tidak menyadari dampak dari penggunaan ponsel terhadap kesehatan kita? Kebanyakan orang tidak pernah menyadarinya. Berikut ini adalah beberapa dampak dari penggunaan  ponsel secara berlebih. Kenapa berlebih karena saat ini jenis ponsel yang lagi ngetren adalah jenis smartphone yang memiliki banyak sekali fitur sehingga akan semakin memanjakan penggunannya.


Penyebab tumor otak
Ketika ramai diperdebatkan bahwa menggunakan ponsel dapat meningkatkan resiko penyakit tumor otak, makan pada tahun 2010 dilakukan penelitian di eropa dan hasilnya adalah tidak ada sama sekali hubungan penggunaan ponsel dengan timbulnya tumor pada otak, sehingga saat itu semua pengguna ponsel dan juga produsen ponsel menjadi lega karena ponsel sama sekali tidak berdampak buruk bagi kesehatan manusia, sehingga sangat aman untuk digunakan kapanpun dan sebanyak apapun.
Namun penelitian akhir-akhir ini sangatlah mengejutkan, dimana penelitian terdapat penggunaan ponsel ternyata memiliki dampat yang sangat buruk bagi kesehatan. Penelitian yang dilakukan di swedia ternyata menunjukkan bahwa penggunaan ponsel bertahun-tahun secara signifikan mempengaruhi resiko terkena penyakit kanker otak atau yang lebih dikenal dengan naman glimea. Pada studi tersebut penggunaan ponsel secara intens selama lebih dari 10 tahun dapat meningkatkan resiko penyakit glimea dua sampai tiga kali lipat dibandingkan dengan merekan yang tidak. Bisa dibayangkan bukan bagaimana bahayanya smartphone.
Solusinya adalah menggunakan handsfree atau loud speaker sehingga kita akan terhindar dari radiasi gelombang dari ponsel ketika berkomunikasi.
Sulit tidur
Dampak buruk dari penggunaan ponsel atau smartphone pada malam hari akan membuat kita sulit tidur. Kebanyakan pemakai ponsel atau smartphone selalu menempatkan ponsel dekat karena sehabis dipakai baik untuk telpon, sms, atau main game. Tentu sangat buruk karena membuat kita sulit untuk tidur dengan nyenyak sehingga kita akan bangun dengan keadaan yang kurang segar, yang pada waktu tertentu  akan membuat kita menjadi depresi atau stres. Belum lagi kalau ada telpon atau sms yang masuk ketika kita tidur tentu tidur kita akan terganggu.
Solusinya adalah matikan ponsel ketika kita akan tidur dan letakan jauh dari tempat tidur kita, dan jangan sekali-kali menggunakan ponsel sebagai alarm bangun tidur karena alarm itu sangat tidak baik untuk tidur secara sehat.
Mengganggu kesehatan mata
Smartphone yang memiliki banyak sekali fitur selain sms dan telpon membuat kita atau anak-anak selau senantiasa menggunakan smartphone untuk aktivitas browsing dan game dengan jangka waktu yang sangat lama, tentu saja hal ini sangat tidak baik bagi kesehatan mata kita. Beberapa studi menunjukan penggunaan smartphone dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan mata menjadi lelah, perih dan pada akhirnya akan membuat mata menjadi minus sehingga perlu kacamata.
Solusinya kurangi penggunaan smartphone untuk internet atau main game, atau anda bisa unistal aplikasi-aplikasi game yang membuat anda kecanduan.
Mudah lelah
Dampak buruk dari penggunaan smartphone adalah membuat kita menjadi lelah dengan mudah, karena smartphone membuat kesadaran mental kita menjadi menurun, akibatnya kita menjadi lemah dan lesu.