Kebiasaan Yang Dapat Menyebabkan Ginjal Rusak

Mengetahui berbagai kebiasaan yang dapat menimbulkan kerusakan ginjal kita ini sangat penting untuk diketahui karena ginjal merupakan organ yang memiliki fungsi sangat penting bagi tubuh kita. Ginjal memiliki fungsi untuk menyaring darah, memproduksi hormon, menyaring racun dalam tubuh, menyerap mineral, menentralkan asam dan memproduksi urine jadi sudah bisa dibayangkan bukan bagaimana pentingnya fungsi ginjal bagi tubuh kita.
Kebanyakan orang tidak menyadari kalau ginjalnya sedang mengalami gangguan baru kalau sudah dalam taraf akut baru sadar. Hal ini dikarenakan kebanyakan orang memiliki gaya hidup yang tidak sehat namun tidak mengetahui dampaknya bagi kesehatan seperti kesehatan ginjal kita. Memang penyebab utama gangguan fungsi ginjal sendiri lebih disebabkan oleh kebiasan hidup yang tidak sehat, hal ini mungkin dikarenakan oleh jaman yang semakin modern, namun demikian tidak menjadikan hal itu sebagai alasan untuk menjalani pola hiduo yang sehat bukan? berikut ini adalah beberapa kebiasaan yang harus anda ketahui agar anda terhindar dari gangguan ginjal.


Kurang minum air putih
Dengan kehiudupan yang semakin modern seringkali orang-orang meremehkan peranan minum air putih dan menggantinya dengan minuman ringan atau minuman berenergi. Padahal untuk diketahui air putih merupakan minuman yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, karena air berfungsi untuk menyaring kotoran atau racun dalam tubuh artinya kurang minum air putih sama dengan menumpuk kotoran atau racun berbahaya dalam tubuh yang mana akan berdampak buruk bagi ginjal, ginjal akan bekerja semakin keras dan pada akhirnya ginjal sudah tidak mampu lagi untuk menjalankan fungsinya dengan baik.
Kebutuhan tubuh akan air putih yang ideal adalah 1 liter tiap harinya dan jangan sampai kurang dari itu.
Terlalu banyak mengkonsumsi garam
Sebenarnya mengkonsumsi garam itu sangat wajar bahkan dapat menunjang kesehatan karena tubuh kita sendiri juga membutuhkan garam. Namun kelebihan mengkonsumsi garam akan berdampak buruk bagi tubuh kita terutama ginjal kita, idealnya mengkonsumsi garam dalam satu hari tidak lebih dari 5 gram. Yang banyak tidak disadari adalah sebenarnya banyak sekali makanan olahan yang mengandung kadar garam tinggi dan bersifat sintetis, garam pada makanan olahan inilah yang sangat berbahaya pada tubuh.
Untuk diketahui kebanyakan makan garam akan membuat tekanan darah menjadi meningkat dan memberikan tekanan yang berat pada ginjal sehingga ginjal akan stres dan tidak menjalankan fungsinya dengan optimal.
Sering menunda kencing
Sering menunda kencing adalah hal yang seringkali dilakukan oleh banyak orang terutama bagi merekan yang sibuk dengan pekerjaannya sehingga seringkali menunda untuk kencing. Padahal kencing atau buang air kecil sangat penting sekali karena kencing berarti kita membuang racun dalam tubuh dalam bentuk cairan, jadi sudah bisa dibayangkan bukan kalau kita menunda buang air kecil.
Kurang nutrisi dan vitamin
Dengan gaya hidup yang tidak sehat banyak sekali orang yang melupakan nutrisi mineral dan vitamin padahal vitamin dan mineral sangat penting bagi kesehatan ginjal kita agar tetap bekerja secara optimal. Vitamin B6 dan magnesium adalah nutrisi yang sangat penting untuk menunjang kinerja ginjal kita agar optimal. Jadi perbanyaklah untuk makan sayur-sayuran dan buah-buahan demi kesehatan ginjal anda.
Kurang tidur
Kurang tidur juga sangat tidak baik bagi kesehatan ginjal kita, pada satu penelitian menunjukan bahwa orang yang mengalami insomnia memiliki resiko yang lebih besar untuk gagal ginjal dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Beberapa kebiasaan lain yang dapat menyebabkan gagal ginjal adalah  sering minum kopi, minum alkohol, makan makanan dengan gula tinggi, dan kurang olahraga