Kelompok Makanan Sehat Baik Untuk Kesehatan Kita

Di jaman yang semakin modern ini makanan sehat menjadi makanan yang sudah tidak bisa ditawar lagi, untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bebas dari berbagai penyakit makan makanan sehat adalah suatu keharusan. Banyak sekali sejumlah makanan sehat yang disediakan oleh alam dan dijual bebas dipasaran, sehingga makanan sehat sudah bukan lagi menjadi suatu kesulitan untuk mendapatkanya.
Hanya kemauan saja yang diperlukan untuk menerapkan pola makan sehat. berbagai macam makanan sehat yang banyak sekali jumlah nya beredar di pasaran. Nah berikut ini adalah beberapa pengelompokan yang memudah kan kita untuk mendapatkan makanan sehat beserta tipsnya.

Karbohidrat
Karbohidrat merupakan bahan nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh, sumber karbohidrat bisa didapatkan pada makanan seperti roti, gandum dan nasi. Jumlah total dari keseluruhan yang direkomendasikan adalah 30 persen dari berat total makanan dalam satu hari. Bahan makanan tersebut selain kaya akan karbohidrat juga sangat kayak akan nutrisi yang lainya seperti kalsium, vitmamin B kompleks dan zat besi sehingga sangat bermanfaat untuk menunjang kesehatan kita seperti membantu pencernaan dalam tubuh kita.
Buah dan sayuran
Buah dan sayuran merupakan makanan yang disediakan oleh alam dan memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi, buah dan sayuran memiliki sejumlah vitamin, serat dan antioksidan yang sangat tiggi berguna untuk membantu sitem metabolisme dan pencernaan kita. Sehingga buah dan sayuran adalah makanan yang sangat wajib untuk dijadikan sebagai bahan makanan sehari-hari.
Jumlah buah dan sayuran sangat direkomendasikan minimal 30 persen dari total makanan yang kita konsumsi dalam satu hari. Untuk menjaga kesehatan kita dan memberikan asupan nutrisi yang cukup bagi tubuh kita. Bagaimana jika lebih dari 30 persen? Tentu sangat baik sekali karena akan semakin menunjan kesehatan tubuh kita, dan untuk diketahui pola makan vegan dengan buah dan sayuran sebagai bahan makanan saja sangat direkomendasikan sebagai pola makan diet sehat dewasa ini, jadi jangan khawatir. Asumsi 30 persen adalah jumlah minimal karena tidak semua orang mampu untuk makan buah dan sayuran saja.
Susu
Susu merupakan bahan makanan hewani memiliki kandungan protein yang sangat tinggi sangat baik untuk menunjang kesehatan kita. Susu sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi sebesar 10 persen dari keseluruhan makanan yang kita konsumsin tiap harinya. Selain susu kita juga bisa mendapatkan alternatif nutrisi protei pada produk yogurt dan keju. Selain protein susu juga mengandung kandungan nutrisi kalsium yang sangat tinggi sehingga dapat memperkuat tulang kita. Usahakan untuk minum susu dengan kandungan lemak yang rendah, lemak yang rendah berarti 3 gr dari total 100 gr.
Daging, telur dan ikan
Daging, telur dan ikan merupakan bahan makanan yang memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi sehingga sangat berguna untuk menunjang kesehatan kita. Direkomendasikan untuk mengkonsumsi daging, telur dan ikan sebanyak 12 persen dari berat total makanan dalam satu hari. Daging, telur dan ikan memiliki kandungan nutrisi protein yang sangat tinggi. Daging, telur dan ikan yang direbus adalah bahan makanan yang sangat direkomendasikan dibandingkan dengan digoreng karena kandunga nutrisinya masih terjaga. Makanan seperti ikan memiliki kandungan nutrisi lainya seperti omega-3 sangat berguna untuk menunjang kesehatan tubuh kita.
Lemak dan gula
Banyak yang mengatakan bahwa lemak dan gula sangat berbahaya padahal tubuh kita juga membutuhkan lemakn dan gula sebagai sumber energi, namun demikian direkomendasika untuk mengkonsumsi lemak dan gual sebesar 8 persen saja.