Manfaat kulit jeruk bagi kesehatan

Manfaat kulit jeruk bagi kesehatan sangat tinggi sekali walaupun pada kenyataanya banyak yang tidak menggunakan kulit jeruk dan membuangnya begitu saja. Padahal kulit jeruk di luar menjadadi salah satu bahan makanan sejak dulu yang dipercaya menyembuhkan berbagai macam penyakit. Orang luar biasanya mengolah kulit jeruk dengan cara mengeringkanya dan membuatnya menjadi bubuk untuk kemudian sudah siap dikonsumsi dan berguna untuk mengobati berbagai macam penyakit.
Kulit jeruk memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tidak kalah dengan buah jeruk yang dimakan itu. Berikut ini adalah beberapa manfaat kulit jeruk bagi kesehatan kita.

Menurunkan kadar kolesterol


Dalam satu penelitian didapatkan bahwa hampir semua senyawa anti kolesterol di temukan pada kulit jeruk. Kulit jeruk sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, kulit jeruk sangat efektif untuk menghancurkan berbagai tumpukan kolesterol jahat pada jaring arteri, tumpukan kolesterol pada jaringan pembuluh darah inilah yang membuat pembuluh darah menjadi tersumbat dan akan menyebabkan penyakit tekanan darah tinggi. Mengkonsumsi kulit jeruk diketahui dapat secara signifikan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.
Menurunkan resiko kanker
Kulit jeruk memiliki kandungan senyawa kimia berupa antioksidan yang sangat tinggi. Senyawa kimia pada kulit jeruk sangat efektif untuk membunuh sel kanker dan menghambat pertumbuhan sel kanker dengan cara menghentikan pembelahan sel kanker. Banyak sekali industri farmasi yang menggunakan kulit jeruk sebagai bahan dasar bagi obat penyembuh kanker.
Membantu pernafasan
Kulit jeruk mengandung kandungan serat yang sangat tinggi sekali tercatat 100 gram kulit jeruk memiliki kandungan 10 gram serat. Serat pada kulit jeruk sangat berguna untuk membantu pencernaan untuk menyerap berbagai nutrisi pada makanan yang dikonsumsi dan juga memecah berbagai tumpukan lemak yang dapat menyebabkan gangguan pada pencernaan seperti kanker usus. Kulit jeruk juga sangat efektif untuk mencegah dan menyembuhkan berbagai masalah pada pencernaan seperti sembelit dan mual atau kembung.
Menjaga kecantikan kulit
Kulit jeruk sangat bermanfaat untuk menjaga kecantikan kulit hal ini sudah dipraktekan oleh orang jaman dulu dimana orang dulu biasan menggosokan kulit jeruk pada kulit mereka sehingga kulit akan menjadi lebih bersih dan terlihat bercahaya.
Membantu sistem pernapasan
Kulit jeruk memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi berguna untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita, jadi kulit jeruk sangat berguna untuk mencegah dan mengobati flu, pilek, asma sampai kanker paru dan berbagai gangguan pada sistem pernapasan. Untuk diketahui sebagian besar gangguan sistem pernapasan lebih disebabkan oleh menurunnya sistem kekebalan tubuh.
Aromatik
Kulit jeruk juga memiliki aroma yang sangat khas sehingga membuat ruangan berbau wangi. Kulit jeruk sendiri diketahui menjadi salah satu bahan parfum atau pengharum ruangan sangat cocok untuk dipadukan dengan bahan yang lain seperti kayu putih untuk menyegarkan bau ruangan. Bau yang dihasilkan oleh kulit jeruk dapat membuat mood menjadi lebih tenang dan pikiran juga menjadi tenang sehingga dapat membantu dan mempercepat aktivitas tidur.
Pemutih gigi
Kulit jeruk sudah digunakan oleh orang jaman dulu untuk membersihkan dan memutihkan gigi. Orang jaman dulu sering menggunakan kulit keruk untuk digosok-gosokan pada gigi sehingga membuat gigi menjadi putih dan bersih. Pada satu penelitian disebutkan bahwa manfaat kulit jeruk untuk membersihkan gigi ternyata tidak kalah dengan pasta dari berbagai merek yang beredar luas dipasaran saat ini.