Manfaat Kulit Pisang Bagi Kesehatan

Manfaat kulit pisang bagi kesehatan sangat tinggi sekali walaupun kulit pisang hanya menjadi sampah karena tidak dimakan seperti buahnya. Pisang sendiri menjadi salah satu buah yang sangat populer di negara tropi seperti indonesia karena pisang tumbuh dengan baik pada negara yang memiliki iklim tropis.
Banyak sekali yang tidak mengetahui bahwa kulit pisang memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi sekali, namun anda tidak bisa memakan kulit pisang secara langsung tentunya karena kulit pisang butuh diproses terlebih dahulu baik dekstrak atau dikeringkan untuk kemudian menjadi bubuk yang siap anda makan.
Tingginya kandungan nutrisi pada kulit pisan membuat buah pisan memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat kulit pisang bagi kesehatan.

Kaya akan serat
Kulit pisang memiliki kandungan serat yang sangat tinggi sekali sehingga serat dapat menunjang sistem pencernaan kita. Serat sangat berguna untuk membantu aktivitas usus dalam mencerna makanan yang kita konsumsi seperti menyerap berbagai nutrisi pada makanan dan menghancurkan lemak. Kandungan serat yang tinggi pada buat pisang juga sangat berguna untuk mencegah berbagai masalah pada pencernaan seperti sembelit atau buang air besar.
Kandungan serat yang tinggi pada kulit pisang diketahui dapat menurunkan resiko berbagai macam penyakit seperti jantung, tekanan darah tinggi dan diabetes.
Anti kolesterol
Kulit pisang yang tinggi akan kandungan serat larut sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh (LDL). Dengan menurunkan kadar kolesterol dalam darah berarti menghilangkan berbagai plak pada pembulu darah secara langsung akan melancarkan peredaran darah sehingga dapat menghindari tekanan darah tinggi dan pada akhirnya akan menurunka resiko penyakit jantung sebuah penyakit pembunuh nomer satu di dunia.
Antioksidan tinggi
Kulit pisang memiliki kandungan antioksidan berupa polifenol dan karotenoid yang sangat tinggi sangat berguna untuk melindungi tubuh dari berbagai serangan radikal bebas dari tubuh seperti diketahui radikal bebas merupakan salah satu senyawa yang berbahaya bagi tubuh karena dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. Dengan demikian kulit pisang mampu mencegah penuaan dini dan kulit kusam.
Menjaga kesehatan mata
Kulit pisang memiliki kandugan antioksidan yang tinggi salah satunya adalah senyawa lutein sangat berguna untuk menetralisir berbagai radikal bebas dalam tubuh. selain itu lutein pada kulit pisang sangat berguna untuk menjaga kesehatan mata dengan mencegah proses degenerasi pada sel  mata yang dapat menimbulkan berbagai gangguan pada mata seperti makula dan katarak. Selain itu lutein juga sangat efektif untuk melindungi mata dari radiasi sinar matahari UV dan juga melindungi mata dari berbagai serangan radikal bebas yang dapat menyebabkan gangguan pada mata.
Tips untuk mendapatk hasil yang maksimal bagi kesehatan mata anda bisa mencampurkan dengan berbagai sayuran hijau dan buah-buahan yang juga memiliki manfaat bagi kesehatan mata anda.
Memutihkan gigi
Kulit pisang sangat bermanfaat untuk memutihkan gigi karena hal ini sudah diketahui oleh orang jaman dulu dimana orang jaman dulu selalu menggunakan kulit pisang untuk digosok-gosokan pada gigi setelah makan sehingga gigi akan tetap bersih dan lebih putih mengkilat. Kulit pisang sangat baik untuk digosokan setelah minum kopi atau minuman lainnya, karena biasanya gigi akan terlihat kusam setelah minum kopi. Nah kulit pisang sangat berguna untuk mengembalikan kulit pisang putih seperti sedia kala. Juga berlaku untuk minuman lainya seperti minuman ringan yang memiliki karbonase berbahaya bagi gigi.