Manfaat Minyak Cengkeh Bagi Kesehatan

Kandungan nutrisi pada cengkeh sangat banyak sekali dan bermanfaat untuk menunjang kesehatan, hal ini sudah di percaya secara turun temurun dari jaman dulu terutama pada orang asia, karena cengkeh sendiri merupakan rempah hasil bumi daerah tropis. Indonesia sendiri tentu saja sudah akrab dengan cengkeh sejak jaman dulu karena cengkeh banyak tumbuh subur disini. Cengkeh memiliki banyak sekali kegunaan dari sebagai bau-bauan, sebagai penyedap makanan sampai dengan obat-obatan.
Minyak cengkeh merupakan minyak ekstrak dari cengkeh yang sangat populer karena sangat praktis, manfaat minyak cengkeh sebenarnya tidak hanya terbatas pada kesehatan tapi lebih dari itu. Dalam suatu penelitian penggunaan minyak cengkeh secara rutin dan teratur akan mebuat pola hidup menjadi lebih baik dan jauh lebih sehat.
Manfaat cengkeh bagi kesehatan banyak sekali bertikui ini adalah beberapa manfaat minyak cengkeh bagi kesehatan.
Manfaat cengkeh sebagai antiseptik
Cengkeh memiliki antiseptik yang sudah dipercaya sejak jaman dulu, orang dulu kalau terluka atau tergigit nyamuk selalu mengoleskan minyak cengkeh pada bagian tubuh yang luka. Ternyata minyak cengkeh memiliki sifat antiseptik yaitu melindungi luka dari berbagai serangan kuman-kuman berbahaya sehingga menghindari luka semakin parah. Pada kasus luka jika tidak segera diobati maka luka akan semakin memburuk dan membesar karena kulit yang terkena luka sendiri sangat rentan untuk terserang kuman-kuman berbahaya.

Manfaat cengkeh untkuk menghilangkan bau mulut dan sakit gigi
Minyak cengkeh sangat berguna untuk menghilangkan bau mulut, karena minya cengkeh membunuh kuman-kuman pada mulut. Untuk diketahui salah satu penyebab  utama dari bau mulut yang tidak sedap adalah adanya kuman-kuman pada mulut. Minyak cengkeh juga sudah digunakan oleh orang jaman dulu untuk menyembuhkan sakit gigi, minyak cengkeh setidaknya melindungi gigi dari infeksi karena sifat antiseptik dari minyak cengkeh membunuh kuman-kuman yang mungkin akan menginfeksi gigi berlubang.
Manfaat minyak cengkeh untuk mengurangi stres
Minyak cengkeh seringkali dipakai sebagai bahan minyak untuk pijat, karena ternyata minyak cengkeh dapat mengurangi rasa lelah, membantu untuk menurunkan otot-otot yang tegang karen selesai beraktivitas tentu. Pada satu penelitian ternyata minyak cengkeh juga mampu mempengaruhi pikiran seseorang, hal ini dimungkinkan salah satunya adalah karena bau aromatik pada minyak cengkeh. Minyak cengkeh sangat baik untuk dipakai menjelang tidur karena pikiran tenang akan mempercepat tidur dan menghindari sulit tidur, pikiran yang tenang juga akan menjauhkan dari depresi.
Manfaat minyak cengkeh untuk mencegah diabetes
Minyak cengkeh pada satu penelitian ternyata sangat efektif untuk mencegah atau menangkal penyakit diabetes tipe dua. Diabetes sendiri sampai saat ini adalah salah satu penyakit yang paling mematikan dikarenakan perubahan gaya hidup yang tidak sehat. Hal ini dikarenakan minyak cengkeh mampu menyeimbangkan kadar gula dalam tubuh, mengurangi resistensi organ tubuh terhadap insulin sehingga tubuh dapat berkerja secara normal dan optimal terhadap insulin.
Itulah bebarapa manfaat dari minyak cengkeh, dari mana mendapatkan minyak cengkeh? Anda dapat dengan mudah mendapatkan minyak cengkeh pada toko-toko herbal, karena minyak cengkeh sendiri saat ini lebih sering dipakai sebagai obat herbal. Dengan minyak cengkeh kita dapat meningkatkan kulitas hidup kita, terutama karena manfaat minyak cengkeh untuk menghindari sulit tidur, sulit tidur sendiri adalah petanda bahwa kualitas hidup yang buruk mudah stres dan depresi. Jadi tidak salah kalau satu minyak cengkeh  Sangat layak untuk menghuni rumah anda bukan.