Manfaat Teh Hijau Untuk Menurunkan Berat Badan

Manfaat teh hijau untuk menurunkan berat badan memang menjadi tren saat ini. Di seluruh dunia sekaran ini memang sedang ramai-ramainya orang minum teh sehari-hari untuk menurunkan berat badan, untuk sekedar diketahui obesitas saat ini sudah menjadi semacam penyakit yang diderita oleh banyak orang dan dari hari ke hari jumlah orang yang menderita obesitas semakin bertambah. Sehingga dalam banyak sekali macam program diet yang bermunculan. Teh hijau menjadi minuman wajib dalam tiap diet sehat yang dijalankan.
Bagaimana teh hijau dapat menurunkan berat badan?
Teh hijau memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan tidak terlepas dari kandungan antioksidan yang tinggi, jenis antioksidan pada teh hijau adalah EGCG yang berguna untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh dan menaikan kadar kolesterol baik dalam tubuh (HDL) yang pada akhirnya mampu menurunkan berat badan, karena salah satu penyebab utama dari obesitas adalah tumpukan kolesterol jahat dalam tubuh.
Dalam satu penelitian teh hijau juga dapat membantu aktivitas metabolisme tubuh, 2 jam setelah minum teh hijau ternyata mampu menaikan aktivitas metabolisme 4 % dan secara keseluruhan minum teh hijau secara rutin mampu menaikan aktivitas metabolisme dalam tubuh 10 persen dibandingkan dengan mereka yang tidak. Bahkan dibandinkan dengan minum air putih sendiri teh hijau mampu menaikan metabolisme tubuh sebanyak 3 persen lebih tinggi. Untuk diketahui semaki baik dan tinggi aktivitas metabolisme dalam tubuh maka akan semakin menurunkan menurunkan berat badan secara perlahan.
Tingginya aktivitas metabolisme yang diakibatkan oleh teh hijau tentu akan meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh sehingga mampu menurunkan berat badan. Hal ini tidak terlepas dari jasa EGCG kandungan antioksidan dari teh hijau yang sangat luar biasa.

Teh hijau sebagi minuman herbal
Teh hijau dapat dicampurkan dengan berbagai bahan makanan herbal lainya untuk mendapatkan khasiat yang lebih. Bahan herbal yang sangat cocok untuk dicampurkan dengan teh hijau yang paling populer adalah jahe, teh hijau dan jahe memiliki manfaat yang sangat tinggi mampu melindungi tubuh tidak hanya untuk menurunkan berat badan namun juga menangkal dan menurunkan resiko kanker dan jantung. Kita juga bisa mencampurkan teh hijau dengan bahan makanan sehat lainya seperti kayu manis dll.
Manfat lain dari teh hijau
Selain bermanfaat untuk menurunkan berat badan, teh hijau juga memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan yang sangat banyak sekali. Kandungan antioksidan pada teh hijau yang sangat kuat mampu menangkal berbagai serangan radikal bebas. Radikal bebas sendiri merupakan senyawa berbahaya berasal dari lingkungan yang berpolusi dan senyawa kimia berbahaya dari makanan olahan. Radikal bebas dapat menyebabkan berbagai resiko penyakit seperti penyakit kanker.
Teh hijau juga sangat populer dari jaman dulu digunakan sebagai ramuan untuk mencegah penuaan dini, dimana teh hijau mampu membuat kulit menjadi halus dan elastis. Teh hijau merupakan bahan makanan yang membantu proses regenerasi sel kulit dan dan melindungi sel kulit dari radikal bebas sehingga kulit akan terlihat bercahaya dan tidak kusam.

Teh hijau juga memiliki kandungan sediki kafein sama seperti kopi sangat berguna untuk membuat kita tetap waspada dan tetap fokus. Karena kandungan kafein yang sedikit maka teh hijau tidak memiliki bahaya lebih lanjut seperti kopi, untuk itu teh hijau sangat cocok sebagai bahan minuman pengganti kopi.