Mengenal Antioksidan Dan Manfaat Nya Bagi Kesehatan Kita

Kenal dengan antikoksidan? Tahu manfaat antioksidan? Kebanyakan orang tidak mengetahui apa itu antioksidan padahal antioksidan merupakan senyawa yang baik bagi kesehatan kita, dengan antioksidan kita dapat menangkal serangan berbagai radikal bebas. Radikal bebas sendiri merupakan senyawa berbahaya berasal dari makanan atau berasal dari lingkungan berupa polutan-polutan berbahaya. Tahukah anda dampak dari serangan radikal bebas terhadap tubuh? radikal bebas menyebabkan berbagai serangan penyakit yang berbahaya seperti jantung dan kanker, jadi manfaat dari antioksidan sendiri sangat besar sekali karena secara tidak langsung akan mencegah serangan berbagai macam penyakit yang berbahaya.
Antioksidan sendiri sudah disediakan dengan gratis oleh alam, kita bisa mendapati antioksidan dengan mudah pada sayur-sayuran dan juga buah buahan, makanan yang lain seperti ikan laut juga mengadung sejumlah besar antioksidan. Banyak sekali senyawa yang termasuk antioksidan seperti senyawa polifenol, vitamin A dan vitamin E. Jadi buah-buahan yang mengandung vitamin A dan E juga memiliki kandungan yang bersifat antioksidan. Ingin tahu apa saja manfaat dari senyawa antioksidan? Berikut ini adalah paparan dari beberap manfaat antioksidan bagi kesehatan kita.


Menurunkan resiko kanker
Manfaat antioksidan untuk mencegah dan menurunkan resiko kanker sendiri sudah dibuktikan dalam banyak sekali penelitian. Penyakit kanker sendiri merupakan penyakit berbahaya di dunia saat ini, dengan jumlah penderitanya yang semakin bertambah dari hari ke hari. Salah satu penyebab utamanya adalah perubahan gaya hidup dari manusia ditambah dengan semakin banyaknya jumlah makanan tidak sehat menggunakan bahan pewarna dan pengawet buatan. Kondisi lingkungan yang semakin buruk banyaknya polusi pada udara dan air juga menjadi salah satu penyebab utama dari meningkatnya jumlah penderita kanker.
Bagaimana senyawa antioksidan dapat mencegah kanker? Mudah sekali jawabanya, senyawa antioksidan sendiri memiliki  fungsi melindungi tubuh dari berbagai serangan radikal bebas yang menyerang tubuh, disamping itu senyawa antioksidan berfungsi untuk membunuh sel-sel kanker dan juga menghambat pertumbuhan dari sel kanker. Pada satu penelitian disebutkan mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung antioksidan secara rutin ternyata dapat menurunkan resiko kanker dibandingkan dengan mereka yang tidak.
Mencegah kerusakan sel
Senyawa antioksidan mampu mencegah berbagai kerusakan sel tubuh seperti DNA dan membran sel yang dapat berakibat pada tidak berfungsinya organ tubuh secara optimal. Kerusakan sel biasanya disebabkan oleh serangan senyawa radikal bebas akibat dari pola hidup yang buruk seperti merokok, alkohol, stres dan depresi. Dengan demikian senyawa antioksidan secara tidak langsung meningkatkan kekebalan tubuh karena mampu melindungi sel tubuh.
Senyawa antioksidan secara tidak langsung juga menjaga kulit menjadi tetap awet muda karena melindung sel kulit dari kerusakan. Untuk diketahui salah satu penyebab utama dari penuaan dini atau kulit keriput adalah banyak sel kulit yang mati. Antioksidan juga mampu mempercepat regerasi sel kulit dimana sel kulit yang mati akan segera digantikan dengan sel kulit yang masih muda sehingga kulit akan terlihat tetap halus dan elastis. Maka tidak heran kalau bahan makanan yang mengandung senyawa antioksidan merupakan bahan yang sering digunakan pada produk-produk kecantikan.
Manfaat antioksidan bagi kesehatan sudah dijelaskan di atas, kita bisa mendapati senyawa antioksidan pada berbagai sayuran terutama sayuran yang berwarna seperti brokoli, bayam dll. Senyawa antioksidan juga bisa dengan mudah kita dapatkan pada buah-buahan seperti jeruk, apel, mentimun, mangga dll. Bisa dikatakan hampir semua buah-buahan mengandung senyawa antioksidan yang sangat baik bai kesehatan kita.