Mengenal Bakteri Baik Dan Minuman Probiotik Yang Menunjang Kesehatan Kita

Ketika mendengar kata bakteri kebanyakan pasti langsung berasosiasi negatif dan menganggap bakteri merupakan mokroorganisme yang berdampak negatif terhadap kesehatan. Padahal anggapan semacam ini tidak sepenuhnya benar, tidak semua bakteri berdampak buruk bagi kesehatan kita. Banyak sekali bakteri baik bagi tubuh kita karena menunjang kesehatan kita, tubuh kita sendiri memiliki banyak sekali bakteri didalamnya, tubuh kita bisa dikatakan sebagai rumah bagi jutaan bakteri.
Bakteri menunjang proses dalam tubuh kita, seperti bakteri pada usus besar yang sangat berguna untuk menunjang proses metabolisme kita. Bakteri baik dalam usus dikenal mampun menyerap berbagai kandungan nutrisi dan vitamin pada tubuh. selain itu juga menangkal berbagai serangan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh. bakteri baik dalam tubuh juga berfungsi untuk membunuh berbagai bakteri jahat lainya seperti bakiteri baik dalam usus membunuh bakteri patogen seperti salmonela dan E coli.


Bagaimana menggunakan bakteri baik bagi kesehatan
Begitu besarnya peran bakteri baik bagi kesehatan maka kita perlu meningkatkan jumlah dari bakteri baik untuk menunjang kesehatan kita, bagaimana caranya? Cara yang lazim untuk meningkatkan jumlah bakteri baik dalam tubuh adalah dengan mengkonsumsi minuman atau makanan probiotik yang mengandung bakteri baik bagi tubuh kita. Untuk diketahui sedikitnya jumlah bakteri baik dalam tubuh akan membuat seseorang menjadi rentan terhadap serangan segala jenis penyakit. Nah makanan atau minuman probiotik hadir untuk memasok bakteri baik dalam tubuh, kebanyakan makanan probiotik berasala dari makanan atau minuma hasil fermentasi seperti yogurt hal ini tentu bisa dimaklumi karena pada proses fermentasi makanan itu sendiri melibatkan bakteri sebagai starternya.
Produk fermentasi susu seperti yogurt dan kefit mengandung bakteri lactobacillus yang banyak sekali sangat cocok untuk menghilangkan penyakit diare dan asma. Makanan seperti tempe juga termasuk makanan probiotik yang sangat baik bagi kesehatan, tempe sendiri merupakan makanan yang diolah dengan menggunakan metode fermentasi dengan strain lactobacillus. Dan tentunya masih banyak lagi makanan probiotik, bahkan saat ini sudah banyak dijual di pasaran bebas suplemen probiotik untuk kesehatan.
Bakteri baik dalam metabolisme
Peran bakteri baik dalam matabolisme sudah tidak diragukan lagi, bakteri baik dalam usus membantu untuk mengurai dan menyerap berbagai kandungan nutrisi pada makanan agar kemudian mudah diserap oleh tubuh. bakteri baik dalam tubuh juga berfungsi untuk memecah dan menghancurkan kandungan kolesterol yang menumpuk dalam tubuh dan menangkal berbagai serangan radikal bebas yang dapat berpotensi sebagai penyebab penyakit kanker.
Lantas bagaimana menjaga atau kalau perlu memperbanyak kandungan bakteri baik dalam usus tersebut? mudah saja kita cukup memperbanyak makan makanan yang mengandung serat tinggi, serat merupakan senyawa yang membuat bakteri baik tumbuh dengan baik, serat menyediakan sumber makanan bagi bakteri baik sehingga membantu pertumbuhan bakteri baik dalam usus.
Hindari makanan bersoda atau mengandung pemanis buatan tinggi, dan hindari pula makanan yang mengandung jumlah kalori yang sangat tinggi. Karena hal tersebut membuat bakteri baik dalam usus bekerja tidak optimal. Dan senyawa radikal bebas dalam makanan tersebut dapat mengganggu pertumbuhan dari bakteri baik dalam usus sehingga akan mengganggu metabolisme dalam tubuh. dengan metabolisme yang buruk akan meningkatkan resiko serangan berbagai penyakit, yang paling dekat tentu saja penyakit tekanan darah tinggi, karena penumpukan lemak yang berlebih pada tubuh dan tentunya akan berlanjut pada penyakit ganas lainya seperti penyakit jantung.