Mengenal Berbagai Jenis Garam Yang Penting Bagi Tubuh

Tahu garam dong? Selalu bersinggunangan dengan garam? Sebagian besar akan menjawab iya, karena garam sendiri sudah menjadi penyedap hampir semua makanan, tanpa garam makanan sendiri akan terasa hambar tidak enak untuk dimakan. Dengan berkembangnya wacana pola hidup sehat garam menjadi bahan makanan yang ditakuti karena garam dituding menjadi penyebab kegemukan dan menaikan resiko sejumlah penyakit. Anggapan semacam ini tidak terlalu benar karena tubuh sendiri sesungguhnya sangat membutuhkan garam, tidak bisa dibayangkan bagaimanan manusia bisa hidup tanpa garam, dan harus diketahui kekurangan garam dapat menyebabkan kematian.


Bagaimana kekurangan garam bisa menyebabkan kematian? Bisa sekali mengingat pentingnya peran garam bagi tubuh kita, garam bermanfaat untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, menjaga cairan dalam otak kita, garam menjaga tiroid untuk tetap sehat, dan menjaga gula darah. Jadi bisa dibayangkan bagaimana tubuh kita kalau kita kekurangan garam.
 Diet garam atau melakukan diet dengan makanan tanpa garam bukan berarti kita harus menghilangkan sama sekali garam dari semua makanan yang kita konsumsi, melainkan mengurangi jumlah garam dalam makanan, karena satu sisi kelebihan garam akan meningkatkan resiko sejumlah penyakit seperti penyakit tekanan darah tinggi yang akan berujung pada penyakit jantung yang sangat berbahaya. Perlu diingat bahwa kandunga garam pada diet makanan adalah menghindari garam yang berasal dari makanan olahan, makanan instan dan junk food yang sangat merusak kesehatan meskipun dalam jumlah yang kecil. garam sendiri pada prinsipnya terkandung dalam hampir semua jenis makanan, karena hampir semua makanan mengandung sodium yang merupakan salah satu senyawa penting dalam garam.

Ada beberapa jenis garam di dunia ini yang perlu anda ketahui
Garam laut
Garam laut adalah garam yang diperoleh dari memproses dengan menguapkan air laut hampir sama dengan garam meja namun sedikit lebih kasar karena tidak mengalami proses selanjutny namun demikian garam laut memiliki sejumlah gizi lebih banyak dibandingkan dengan garam meja karena masih mengandung seng, zat besi, dan kalium. Namun demikian yang perlu diperhatikan walaupun garam laut memiliki kangungan gizi lebih banyak dibandingkan dengan garam meja, perlu diperhatikan terlebih dahulu air laut sumber pengolahan garam tersebut, jika air laut tercemar oleh limbah hal ini tentu tidak sehat karena air laut tersebut mengandung logam berat sehingga garam tersebut menjadi tidak sehat.
Garam meja
Garam meja menjadi populer karena sering digunakan di dapur, garam meja dibuat dengan memproses garam yang diperoleh dari air laut atau batu garam kemudian ditambahkan zat yodium sintetis pada garam.
Garam himalaya
Dikatakan garam himalaya karena garam jenis ini ditambang dari tambang garam yang ada wilayah pakistan di daerah dataran pegunungan himalaya yang unik adalah garam himalaya tidak berwarna putih seperti yang lainnya melainkan berwarna merah muda atau pink. Garam himalaya mengandung sejumlah kecil gizi seng, zat besi dan seng serta memiliki kandungan natrium yang rendah jika dibandingkan dengan garam meja.
Garam celtic
Garam celtic hampir sama dengan garam laut karena sama-sama berasal dari air laut, namun bedanya berasal dari lautan celtic. Walaupun sama-sama berasal dari air laut namun garam celtic memiliki kandungan sodium lebih rendah daripada garam meja dan memiliki nutrisi yang mirip dengan garam himalaya.
Dari berbagai jenis garam yang sudah disebutkan di atas garam laut, garam himalaya, dan garam celtic lebih direkomendasikan karena memiliki kandungan gizi yang lebih dibandingkan dengan garam meja.