Mengenal Kanker Usus Penyebab, Gejala, Pengobatan Dan Pencegahanya

Kanker usus merupakan sejenis kanker yang menyerang organ usus, kanker usus sendiri tercata sebagai salah satu kanker yang langka dalam artian dibandingkan dengan jumlah penderita yang lainya kanker usus memiliki jumlah yang sangat sediki. Namun demikian kanker usus tidak bisa diremehkan begitu saja karena dari hari ke hari jumlah penderita kanker usus meningkat dari tahun ke tahun, disamping itu kanker usus dapat berakibat pada kematian.
Banyak sekali faktor yang menjadi penyebab dari kanker usus, kanker usus disebabkan oleh faktor genetika, pola makan dan kesehatan. Kebanyakan orang yang menderita kanker usus sendiri ternyata memiliki riwayat keluarga dimana salah satunya menderita kanker usus hal ini membuat kanker usus menjadi salah satu penyakit yang bisa ditularkan lewat genetika turunan. Pola makan tidak sehat juga menjadi salah satu penyebab dari kanker usus, karena usus sendiri merupakan organ yang sangat penting untuk mengolah berbagai makanan yang dikonsumsi. Setiap makanan yang masuh dalam tubuh pasti akan melalui usus untuk dipecah dan diserap nutrisinya, jadi bisa dibayangkan bagaiman kalau makanan yang dikonsumsi tersebut ternyata mengandung senyawa yang berbahaya bagi tubuh.
Kanker usus sendiri lebih banyak menyerang organ usus besar dimana sel kanker yang tumbuh dan melapisi usus tersebut yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit kanker usus. Dalam suatu peneltian kanker  usus sangat jarang sekali terjadi pada mereka yang tidak  menjadikan daging sebagai bahan makanan sehari hari. Jadi pola makan yang tidak sehat juga menjadi sebab utama.
Kebiasaan untuk mengkonsumsi alkohol juga dapat menimbulkan penyakit kanker usus, hal lainya seperti kurang olahraga dan kegemukan menjadi salah satu faktor dari timbulnya penyakit kanker usus.
Gejala
Gejala kanker usus besar tidak akan diketahui sampai timbulnya kanker usus pada stdium tertentu, sehingga hal ini menimbulkan permasalahan tersendiri. Umunya gejala kanker usus adalah sering buang air besar, sering sembelit, sering diare dan sakit perut. Untuk itu perlu pemerikasaan lebih lanjut jika mengalami gejala seperti ini ke dokter yang berkaitan, karena bisa saja ketika mengalami gejala ini hanya menderita gangguan pencernaan saja, karena gejala gangguan pencernaan sama dengan gejala penyakit  kanker usus.
Pengobatan penyakit kanker usus sendiri hampir sama dengan pengobatan penyakit kanker lainya dan pengobatan kanker yang saat ini populer digunakan dalam dunia medis adalah menggunakan metode kemoterapi, yang dalam berbagai penelitian memiliki tingkat kesuksesan tinggi walaupun ada beberapa efek samping.
Pencegahan

Pencegahan untuk timbulnya penyakit kanker usus dapat dilakukan dengan berbagai cara yang  intinya adalah merubah gaya hidup menjadi gaya hidup yang sehat dengan rajin berolahraga, menghindari alkohol, menghindari bahan makanan olahan. Di samping itu juga mengkonsumsi makanan-makanan yang bernutrisi tinggi yang dapat mencegah timbulnya penyakit kanker usus besar.  Sayuran seperti brokoli, bayam dan sayuran yang berwarna hijau lainya sangat berguna untuk membantu usus untuk mencegah pertumbuhan  sel kanker dalam usus beberapa sayuran hijau bahkan mampu membunuh sel kanker dalam usus karena itu disebut dengan anti kanker. Berbagai buah-buahan juga sangat membantu untuk mencegah kanker karena memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sangat efektif untuk mencegah serangan berbagai radikal bebas yang menjadi salah satu penyebab timbulnya kanker usus. Baik sayuran dan buah-buahan memiliki fungsi detoksifikasi berguna untuk mengeluarkan racun dalam tubuh yang berasal dari makanan yang rikonsumsi.