Mengenal Oatmeal Yang Sangat Berguna Bagi Kesehatan

Kenal oatmeal? Pernah makan oatmeal?  Kebanyakan akan menjawab tidak, oatmeal sendiri bukan makanan yang populer di Indonesia, karena oatmeal merupakan makanan yang berasal dari gandum dan gandum sendiri merupakan tanaman  yang tidak tumbuh di Indonesia melainkan tumbuh dan berasal dari luar. Walaupun demikian sudah mulai banyak yang mengenal oatmeal dan mengkonsumsinya karena alasan kesehatan dan kepraktisanya, kebanyakan orang yang tahu apa itu oatmeal dikarenakan banyak nya iklan oatmeal pada televisi, sehingga memicu rasa penasaran pada masyarakat.
Di luar negeri sendiri makan oatmeal sudah menjadi kebiasaan sehari-hari sebagai sarapan, ibaratnya kalau kita terbiasa makan sarapan nasi orang luar justru terbiasa untuk sarapan dengan oatmeal. Untuk diketahui oatmeal sendiri sudah menjadi makanan yang digemari sejak dari jaman dulu seperti jaman mesir kuno. Oatmeal memiliki banyak sekali kandungan nutrisi, oatmeal memiliki kandungan antioksidan, serat, senyawa lignan dan rendah kalori. Oatmeal memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh kita, berikut ini adalah bebarapa manfaat mengkonsumsi oatmeal.

Menurunkan berat badan
Oatmeal sangat baik sebagai makanan wajib untuk sarapa bagi yang sedang menjalankan diet, karena oatmeal memiliki kandungan kalori yang sangat rendah yaitu 130. Oatmeal juga dapat membuat perut terasa kenyang tidak kalah dengan nasi, jadi bisa dibayangkan makan oatmeal dapat kenyangnya namun mendapatkan asupan kalori yang rendah tentu akan mempercepat penurunan berat badan. Salah satu kesulitan utama dari diet menurunkan berat badan adalah sulit nya mengerem nafsu makan terutama sarapan.
Menurunkan resiko diabetes
Oatmeal memiliki manfaat untuk menurunkan resiko serangan diabetes tipe 2 karena oatmeal memiliki kandungan serat yang sangat tinggi, karena mampu menstabilkan kadar gula pada tubuh. Kandungan magnesium yang tinggi pada oatmeal juga berfungsi untuk menyeimbangkan glukosa tubuh, dan membantu sekresi insulin seperti diketahui salah satu penyebab utama dari diabetes adalah terganggunya sel tubuh sehingga tidak bisa menyerap insulin dengan baik.
Menurunkan kadar kolesterol
Oatmeal memiliki kandungan serat yang tinggi salah satunya adalah beta-glucan sangat berguna untuk menghancurkan kolesterol jahat (LDL) yang menumpuk pada darah sekaligus juga meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. Untuk diketahui kolesterol sendiri sampai saat ini menjadi penyebab utama berbagai serangan penyakit yang berbahaya seperti jantung dan tekanan darah tinggi.
Menurunkan resiko serangan penyakit kanker dan jantung
Pada satu penelitian terbukti bahwa oatmeal sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung dan penyakit kenker, memiliki kandungan senyawa lignan dimana ketika oatmeal dikonsumsi lignan pada usus akan dirubah oleh bakteri baik dalam usus untuk menjadi senyawa anti kanker, berguna untuk mencegah penyakit kanker payudara, dan kanker lainya. Selain itu seperti yang sudah disebutkan di atas oatmeal berguna untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, kolesterol sendiri merupakan penyebab utama dari penyakit jantung sehingga oatmeal juga menurunkan resiko penyakit jantung secara signifikan. Dalam satu penelitian juga didapatkan ternyata juga mengandung senyawa avenanthramides yang sangat berguna untuk menangkal berbagai serangan radikal bebas yang menjadi salah satu penyebab serangan  penyakit jantung.
Pada satu penelitian didapatkan hasil bahwa mengkonsumsi oatmeal secara rutin tiap harinya ternyata mampu menurunkan resiko penyakit jantung 29 persen dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi oatmeal.
Meningkatkan kekebalan tubuh
Oatmeal berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita, karena oatmeal memiliki kandungan beta-gluten yang mampu menghacurkan berbagai bakteri jahat pada tubuh.