Menjaga Keseimbangan Asam Basa Tubuh

Tubuh kita memiliki kandungan 90 persen lebih cairan dan seperti sifat dari cairan umumnya maka tubuh kita memiliki kadar asam dan basa. Adalah keseimbangan kadar asam dan basa dalam tubuh akan membuat kesehatan tubuh menjadi lebih optimal bebas dari serangan berbagai macam penyakit dan menjaga tubu agar terhindari dari kegemukan.
Dengan kehidupan yang semakin modern ditambah dengan pola makan yang buruk banyak sekali yang mendapati tubuh nya tidak memiliki keseimbangan asam dan basa. Padahal ketidakseimbangan kadar asam dan basa pada tubuh akan berakibat pada timbulnya berbagai macam penyakit seperti penyakit jantung, kanker, diabetes, dan tekanan darah tinggi. Sebenarnya secara alami tubuh manusia sendiri berusaha untuk menjaga agar kadar asam dan basa dalam tubuh untuk selalu seimbang karena tubuh manusia memiliki sistem bio energi yang kompleks. Idealnya nilai pH dalam tubuh manusia itu sendiri adalah antara 7,35-7,45 diluar itu maka bisa dianggap tidak seimbang dan ini merupakan peringatan serius dari tubuh untuk menjaga kesehatan.


Jika pH darah berada di bawah 7,35 maka akan menyebabkan depresi, koma dan bahkan kematian sangat berbahaya bukan, sedangkan jika pH darah berada di atas 7,45 maka akan menyebabkan kejang otot, gugup sampai dengan kematian. Untuk itu sangat penting untuk menjaga keseimbanga pH darah karena ketidakseimbangan dapat berujung pada kematian.
Menjaga pola makan
Menjaga pola makan adalah solusi yang paling praktis karena makanan memiliki peranan yang sangat penting untuk menjaga keseimbangan asam dalam tubuh. beberapa makanan memiliki manfaat untuk meningkatkan keasaman tubuh dan basa tubuh, jadi yang terpenting adalah keseimbangan untuk mengkonsumsi makanan tersebut sehingga keseimbangan antara asam dan basa dalam tubuh tetap terjaga.
Untuk mencapai keseimbanga pH basa dalam tubuh yang ideal makan diperlukan 60-80 % makanan yang membentuk asam sedangkan sisanya 20-40 % makanan yang membentuk kadar asam dalam tubuh.
Bagaimana mengetahui makanan tersebut bersifat dapat membentuk asam atau basa dalam tubuh kita?
Makanan pembentuk asam dalam tubuh
Untuk mengetahui bahwa suatu makanan tersebut dapat membentuk asam dalam tubuh sangat mudah sekali, karena makanan yang bersifat membentuk asam rata-rata memiliki kandungan protei yang sangat tinggi dan juga mengandung gula. Kita bisa mendapatkan makanan pembentuk asam pada makanan seperti ikan, daging, sereal, dan biji-bijian. Ingat walupun jeruk memiliki kandungan asam yang tinggi namun mengkonsumsi jeruk sama sekali tidak akan membentu asam dalam tubuh hal ini dikarenakan berkaitan dengan proses metabolisme dalam tubuh.
Makanan olahan dan pemanis buatan juga dapat membentuk asam dalam tubuh, namun demikian tetap harus dihindari karena mengandung senyawa yang tidak baik bagi kesehatan tubuh kita.
Makanan pembentuk basa
Makanan pembentuk basa dalam tubuh yang sehat adalah sayuran, buah-buahan, umbi, rempah, yogurt dan herbal.
Sekilas makanan pembentuk basa lebih sehat dibandingkan dengan makanan asam namun demikian yang perlu diingat adalah keseimbangan pH asam tubuh. karena kelebiahan salah satunya saja dari yang sudah ditentukan akan membuat ketidakseimbangan asam tubuh.
Tentu banyak yang bertanya, bukanya sulit sekali untuk menentukan makan basa dan asam secara seimbang. Anda jangan khawatir dan tidak perlu dengan teliti menakar semua makanan dalam timbangan agar akurat. Yang diperlukan hanyalah selalu makan bahan makanan yang memiliki sifat basa dan asam, diusahakan makanan basa lebih banyak. Untuk selanjutnya tubuh kita akan memiliki sifat otomatis untuk menyeimbangkan asam dan basa tubuh.