Nutrisi Makanan Yang Diperlukan Oleh Ibu Hamil

Nutrisi makanan bagi ibu hamil sangat penting sekali untuk menjaga kesehatan sang ibu dan bayi dalam kandungan. Terutama bagi sang bayi nutrisi makanan sangat penting untuk pertumbuhan dalam kandungan. Nutrisi menjadi sangat penting bagi ibu hamil agar mengkonsumsi makan secara seimbang namun berkualitas dan bukan makanan dengan kuatitas atau jumlah yang lebih besar. Dengan nutrisi yang seimbang maka kesehatan dari sang ibu dan sang bayi akan terjaga.
Banyak sekali kandunga nutrisi yang sangat diperlukan bagi ibu hamil berikut ini adalah beberapa nutrisi yang sangat diperlukan oleh ibu hamil.


Air
Air sangat diperlukan bagi ibu hamil, karena air memiliki banyak sekali manfaat bagi ibu hamil. Air memiliki sejumlah elektrolit yang sangat berguna sebagai penambah energi bagi ibu hamil, ibu hamil sendiri memerlukan banyak sekali tambahan energi karena  memiliki beban berlebih dari berat bayi dalam kandungan dibandingkan biasanya. Jadi melakukan aktivitas apapun seperti biasanya memerlukan energi yang berlipat. Air juga dapat membantu sang ibu hamil untuk menghindari dehidrasi karena bagaimanapun juga sang ibu akan berbagai cairan dengan sang bayi.
Air juga sangat berguna bagi ibu hamil untuk mencegah wasir dan sembelit, karena air membantu sistem metabolisme ibu hamin untuk melarutkan berbagai makanan yang dikonsumsi. Air diketahui memiliki manfaat bagi ibu hami untuk mengeluarkan berbagai racun tubuh, atau lebih dikenal dengan detoksifikasi. Racun atau toksin dalam tubuh biasanya berasal dari sejumlah makanan yang dikonsumsi, penting sekali racun dalam tubuh untuk dikeluarkan sehingga tidak menginfeksi sang bayi dan kesehatan dari sang bayi tetap terjaga.
Serat
Serat sangat bermanfaat bagi ibu hamil karena mampu mencegah penyakit sembelit yang sering diderita oleh ibu hamil, serat sendiri sangat membantu pencernaan dalam menyerap nutrisi dari makanan yang dikonsumsi dan serat membantu pertumbuhan dari bakteri baik dalam tubuh, mampu menghancurkan berbagai tumpukan lemak dan kolesterol dalam tubuh sehingga memperlancar peredaran darah dan pada akhirnya akan menurunkan resiko tekanan darah tinggi.
Serat sendiri dapat diperoleh dengan mudah dengan mengkonsumsi sayuran, buah-buahan dan juga biji-bijian. Karena makanan tersebut memiliki kandunan serat yang sangat tinggi disamping juga sejumlah nutrisi yang lainya. Sebagai tips untuk makan buat-buahan seperti apel sebaiknya dimakan langsung beserta kulitnya, jadi jangan dikupas kulitnya agar mendapatkan asupan serat yang optimal.
Vitamin
Ibu hamil tercata sangat memerlukan berbagai macam vitamin seperti vitamin A, vitamin D, dan vitamin K dan tidak lupa juga asam folat. Ibu hamil memerlukan vitamin A untuk menjaga sel-sel mata sehingga kesehatan mata akan tetap terjaga. Ibu hamil juga sangat memerlukan vitamin D sebagai asupan kalsium bagi tulang ibu hamil, karena ibu hamil memiliki beban berlebih dengan bayi pada kandunganya sehingga dapat menghindari sakit punggung atau nyeri tulang, asupan kalsium juga sangat diperlukan bagi sang bayi karen sang bayi sendiri sendang dalam masa pertumbuhan sehingga memerlukan asupan kalsium.
Ibu hamin juga sangat memerlukan vitamin D dan asam folat untuk menghindari pendarahan dan anemia. Dengan nutrisi vitamin D dan asam folat maka ibu hamil dapat mencegah resiko keguguran atau cacat lahir pada sang bayi.

Itulah beberapa nutrisi yang sangat diperlukan oleh ibu hami disamping nutrisi yang sudah disebutkan di atas ibu hamil juga memerlukan dari kalsium, fosfor, zat besi, zinc, yodium untuk menjaga kesehatan janinnya.