Pengaruh Coklat Hitam Terhadap Hormon Kesehatan Tubuh

Ketika mendenga coklat tentu yang pertama kali di dalam pikiran kita adalah makanan yang tidak sehat karena mengandung banyak sekali kolesterol jahat sehingg sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh. coklat seringkali diidentikan dengan kegemukan, anggapan ini tentu saja tidak salah karena pada kenyataanya memang demikian. Makan coklat secara berlebih dapat menyebabkan kegemukan pada akhirnya akan mengundang berbagai macam penyakit.
Namun tahukah anda bahwa ada jenis coklat yang justru memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi sehingga berguna untuk menunjang kesehatan kita. Coklat hitam merupakan jenis coklat yang justru sangat bermanfaat bagi kesehatan kita. Coklat hitam diketahui memiliki kandungan indeks glisemik yang rendah sehingga coklat hitam sama sekali tidak menaikan kadar gula dam tubuh sehingga sangat cocok sebagai bahan makanan menu sehat.
Coklat hitam diketahui memiliki kandugan antioksidan yang sangat tinggi sehingga dapat melindungi tubuh dari berbagai serangan penyakit. Coklat hitam sangat berguna untuk meningkatkan sensivitas tubuh terhadap insulin sehingga pada akhirnya akan menurunkan resiko penyakit diabetes tipe dua. Manfaat lainya dari coklat hitam adalah menurunkan tekanan darah, mengurangi stres, meningkatkan energi, mengurangi kelelahan, meningkatkan kejernihan mental dan konsentrasi, meningkatkan mood karena dapat menenangkan pikiran.
Melihat begitu banyaknya manfaat dari coklat hitam tentu akan membuat anda kaget bukan? tingginya manfaat coklat hitam untuk menunjang kesehatan juga dikarenakan oleh kandungan nutrisi pada coklat hitam. Nutrisi pada coklat hitam sangat berpengaruh untuk mempengaruhi hormon dalam tubuh yang berkaitan dengan kesehatan kita, berikut ini adalah berbagai hormon yang dipengaruhi atau ditunjang oleh coklat hitam.

Leptin
Hormon leptin merupakan salah satu hormon yang sangat penting untuk mengatur nafsu makan, mengatur energi, mengatur gula darah dan metabolisme dalam tubuh kita. Sehingga secara langsung juga sangat membantu untuk menunjang kesehatan karena mencegah berbagai gangguan pencernaan dan menurunkan resiko penyakit diabetes tipe 2, dan coklat hitam sendiri menunjang produksi dari hormon leptin itu sendiri.
Teobromine
Coklat hitam sangat berpengaruh terhadap produksi dari hormon Teobromine, hormon Teobromine sendiri memiliki pengaruh untuk menenangka saraf-saraf tubuh sehingga tubuh akan terhindari dari tekanan darah tinggi.
Serotonin
Coklat hitam juga mempengaruhi produksi dari hormon serotonin, dimana hormon serotonin sendiri merupakan hormon yang diproduksi di otak sehingga sangat mempengaruhi segala hal yang berkaitan dengan aktivitas otak kita. Serotonin sangat berguna untuk meningkatkan kosentrasi, ketenangan dan kenyamana pikiran. Dengan produksi serotonin yang bertambah maka dapat menurunkan resiko stres dan depresi yang padan akhirnya akan menghindarkan penyakit tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.
Anandamide
Anandamide memiliki kesamaan dengan serotonin karena diproduksi di otak juga. Anandamide sangat berkaitan dengan nafsu makan, memori atau daya ingat, dan depresi dengan bertambahnya produksi dari anandamide oleh coklat hitam maka akan menambah kebahagiaan dari seseorang karena pikiran menjadi tenang dan damai. Dalam beberapa kasus banyak sekali orang yang makan coklat hitam ketika mendapatkan masalah tertentu. Hal ini tidak salah, namun alangkah baiknya kalau yang dimakan adalah coklat hitam karena mengandunga nutrisi yang sangat berguna bagi kesehatan.
Itulah sejumlah hormon yang dipengaruhi oleh coklat hitam, dari keseluruhan coklat hitam merupakan bahan makanan yang sangat unik karena memiliki pengaruh yang sangat penting terhadap berbagai hormon yang ada di otak sehingga membawa ketenangan dan kedamaian dalam berpikir.