Tips Agar Anak Makan Makanan Sehat

Tips agar anak makan makanan yang sehat ini sangat penting karena anak kecil pada usia sekolah atau balita sangat membutuhkan asupan energi yang cukup bagi pertumbuhan, perkembangan otak dari si anak dll. Untuk diketahui godaan untuk makan makanan tidak sehat sangat tinggi pada anak-anak. Anak-anak cenderung memilih makanan dikarenakan oleh iklan pada tv,  atau ikut-ikutan teman di sekolah, padahal untuk diketahui segala jajanan di luar atau camilan yang di iklankan pada tv kebanyakan adalah mengandung kandungan nutrisi yang sangat rendah sekali dan juga mengandung bahan-bahan pemanis buatan dan bahan pengawet yang tidak baik bagi tubuh.

Akibat dari makanan yang tidak sehat terhadap anak tentu saja sangat banyak. Salah satunya adalah pertumbuhan anak terganggu atau tidak optimal, si anak mengalami obesitas yang bisa menimbulkan pernyakit tertentu nantinya, pertumbuhan kecerdasan dari si anak tidak optimal untuk diketahui pertumbuhan kecerdasan dari si anak sangat dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi.
Tentu bagi anda yang memiliki anak sangat ingin memiliki anak dengan pertumbuhan yang sehat bukan? berikut ini adalah beberapa tips bagi anda agar anak anda memiliki asupan nutrisi yang cukup.

Hindari jajanan di luar
Usahakan agar anak anda menghindari jajanan di luar, karena banyak sekali jajanan atau camilan yang dijual bebas di luar mengandung bahan pemanis buatan dan bahan pengawet yang berbahan kimia yang sangat tidak baik bagi anak anda. Bahkan beberapa hari yang lalu sempat diberitakan sejumlah anak mengalami keracuan makanan karena makan camilan disekitar sekolah. Biasanya anak-anak sangat sulit untuk tidak jajan di luar rumah karena cenderung mengikuti kebiasaan dari teman-temannya untuk jajan.
Solusi nya adalah berilah bekal makanan dari rumah lengkap dengan jajanan sehat bagi si anak, hal ini untuk mencegah agar anak tidak makan makanan di luar pada waktu istirahat sekolah. Kalaupun memang harus terpaksa untuk jajan di sekolah maka ajarkan untuk selalu jajan di kantin sekolah saja tidak di luar lingkungan sekolah. Karena kantin sekolah sendiri tentunya sudah memiliki standar kesehatan yang sudah ditentukan oleh sekolah, sehingga lebih aman dibandingkan dengan penjual jajan di luar lingkungan sekolah.
Tidak ada salahnya untuk mendidik anak dengan memberitahukan sejumlah makanan atau jajanan yang tidak baik bagi kesehatan sehingga selain menghindarkan si anak agar terhindar dari makanan yang tidak sehat juga memberikan anak kesadaran betapa pentingnya makanan sehat bagi kesehatan mereka.
Bekal makanan
Berilah anak bekal makanan dan jajanan yang sehat sehingga ketika jam istirahat si anak tidak akan pergi ke kantin untuk jajan karena sudah punya bekal makanan dari rumah. Anda juga harus membuat bekal makanan bagi si anak variatif agar anak anda tidak bosan dan lari ke kantin, kebanyakan anak akan lebih suka makanan bekal yang berwarna-warni,sayuran yang di bentuk menyerupai tokoh kartun kesukaan mereka juga menjadi salah satu favorit mereka. Berilah jajanan atau buah sebagai pelengkap makanan bekal anak anda, karena bagaimanapun anak sangat suka jajan,  tentu anda juga harus memilih jajanan yang sehat dan mengandung gizi yang tinggi. Jajajan tradisional sebagian besar memiliki kandungan gizi yang baik sehingga bisa menjadi pilihan bagi anda.
Buah sangat penting sebagai makanan penutup, karena buah dapat memberikan rasa yang kenyang pada si anak sehingga anak akan terhindar dari keinginan untuk makan banyak. Selain itu buah mengndunga banyak sekali kandungan nutrisi yang tinggi.