Tips Makan Sehat Diet Serat

Serat merupakan salah satu senyawa penting yang sangat berguna untuk menunjang kesehatan kita. Serat berguna untuk membantu pencernaan kita dan melancarkan sistem metabolisme kita, dengan memakan makanan yang mengandung serat yang tinggi secara tidak langsung kita juga melancarkan peredaran darah kita sehingg dapat menurunkan resiko penyakit tekanan darah tinggi dan juga menurunkan resiko penyakit jantung.
Serat diketahui juga menghindarkan kita dari masalah pencernaan sembelit karena serat dapat membantun organ pencernaan kita untuk menghancurkan tumpukan makanan dan lemak yang kita konsumsi. Karena serat membantu pertumbuhan bakteri baik dalam usus kita sehingga serat membantu pencernaan sekaligus juga menghindarkan kita dari berbagai masalah pencernaan dalam tubuh.
Makan makanan yang mengandung serat adalah suatu kewajiban bagi kita untuk menunjang kesehatan kita. Permasalahan apakah karena pola hidup yang semakin modern sehingga kita kesulitan untuk mendapatkan makanan yang mengandung serat yang tinggi sudah bukan alasan sama sekali karena masalah kesehatan adalah satu hal yang sudah tidak bisa ditawar-tawar lagi.
Berikut ini adalah beberapa tips bagi anda, bagaimana agar anda mendapatkan asupan serat yang baik.

Sayuran
Sayuran merupakan bahan makanan yang memiliki kandungan serat yang paling banyak, sehingga mendapatkan asupan serat yang cukup dari sayuran sangat mudah sekali. Dengan hanya makan sayuran kita sudah dapat memenuhi dan bahkan melebihi kebutuhan kita akan serat. Kita bisa menghilangkan berbagai masalah kesehatan yang diakibatkan oleh kekurangan serat seperti sembelit dan susah buang air besar dengan mudah dengan makan sayuran.
Bagi kita yang hidup di Indonesi kebutuhan akan sayuran bukan suatu masalah karena negara kita sangat kaya akan sayuran, dan kuliner kita sendiri juga kayak akan sayuran sehingga kita tidak perlu khawatir untuk kesulitan menemui sayuran.
Makan buah secara utuh
Pernah makan apel atau kentang? Kenbanyakan orang makan apel dengan membuang atau mengupasnya terlebih dahulu, padahal kulit pada buah apel sangat berguna untuk memberikan asupan serat pada tubuh kita. Makan mentimun beserta kulit nya sangat baik bagi pencernaan kita karena banyak kandungan serat pada kulit mentimun. Jadi mulai sekarang kalau makan makanan yang memiliki kulit yang masih bisa dimakan usahkan untuk memakanya secara utuh lengkap dengan kulitnya.
Hindari roti putih
Roti putih seperti roti tawar adalah salah satu makanan yang banyak mengandung gula dan karbohidrat sekaligus miskin serat. Makan roti putih akan membuat pencernaan kita bekerja dengan keras untuk memecahnya. Namun demikian ada juga roti yang juga kaya dengan serat, roti yang kaya dengan serat adalah roti gandum roti yang berwarna coklat. Roti gandum sendiri juga minim kandungan gula dan karbohidrat serta bahan lainya sehingga sangat baik untuk menunjang kesehatan tubuh kita.
Kacang almond
Kacang almond merupakan salah satu camilan yang sangat baik untuk kesehatan kita, kacang almond mengandung serat yang sangat tinggi dapat menunjang metabolisme kita dan membantu sistem pencernaan kita bekerja dengan baik. Kacang almond juga memiliki manfaat lainya seperti menurunkan resiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi, jadi makan camilan kacang almond sembari menonton tv adalah aktivitas yang sangat baik untuk menunjang kesehatan kita.
Hindari daging
Hindari daging karena mengandung kolesterol dan lemak yang tinggi, selain itu daging sangat minim kandungan seratnya sehingga membuat pencernaan kita bekerja dengan keras untuk menentralisirnya. Selain itu daging juga sangat tidak baik bagi bakteri baik dalam usus kita