Cara Menghilangkan Bau Mulut secara Alami

Bau mulut tentu sangat mengganggu sekali terutama bagi orang sekitar atau yang kita ajak komunikasi, walhasil banyak orang yang akan menjauh dari kita karena mulut kita yang bau. Bau mulut biasanya disebabkan oleh makanan atau minuman yang kita konsumsi. Beberapa disebabkan sisa makanan yang masih menempel pada di dalam rongga mulut kita sehingga membusuk dan menimbulkan bau yang tidak sedap.
Beberapa makanan memang menimbulkan dampak bau mulut, beberapa makanan yang dapat menimbulkan bau mulut adalah petay, jengkol, kopi, bawang dan alkohol. Makanan dan minuman tersebut memiliki tekstur rasa yang menyengat sehingga tidak heran kalau memakanya akan menyebabkan bau mulut.
Sisa makanan pada mulut kita juga bisa menyebabkan bau mulut, selesai makan terutama bagi yang jarang membersihkan mulut bagian dalam baik gusi atau gigi dan tentu saja akan meninggalkan sisa-sisa makanan.  Di mulut sendiri terdapat banyak sekali bakteri yang jumlahnya jutaan, bakteri inilah yang akan memakan kandungan protein pada sisa makanan dan melepaskan gas yang menjadi penyebab bau mulut, gas ini dikenal dengan nama sulfur volatil. Gas sulfur ini juga dapat menyebabkan gigi berlubang.
Penyebab bau mulut lainya adalah disebabkan oleh penyakit terntentu yang diidap, beberapa penyakit yang dapat menyebabkan bau mulut adalah bronkitis, sinus dan amandel.
Nah anda tentu tidak mau bukan memiliki bau mulut yang tidak sedap, sehingga membuat lawan bicara anda menjauh dari anda? Berikut ini adalah beberapa tips menghilangkan bau mulut untuk anda.
Jaga kesehatan gigi
Gigi memiliki peran yang sangat penting untuk bau mulut, gigi yang berlubang cenderung memiliki bau mulut yang tidak sedap. Hal ini dikarenakan adanya senyawa sulfur volatil pada gigi berlubang tersebut sehingga menyebakan bau yang tidak sedap, untuk itu sangat penting untuk menjaga kesehatan gigi.
Cek kesehatan gigi ke dokter gigi merupakan salah satu cara yang terbaik, kebanyakan orang menyepelekan untuk memerikasakan giginya ke dokter gigi sehingga banyak orang yang pergi ke dokter gigi hanya jika giginya sakit. Padahal periksa gigi sangat dianjurkan rutin dilakukan paling tidak 6 bulan sekali. Dokter gigi dapat memastikan bakteri berbahaya dalam mulut anda dan beserta tindakan pencegahanya, dokter gigi juga dapat memastikan apakan anda menyikat gigi dengan benar atau tidak.
Menyikat gigi tiap harinya juga sangat penting untuk menjaga gigi kita dan menghindari bau yang tidak sedap, sikat gigi sangat dianjurkan untuk dilakukan paling tidak dua kali tiap harinya. Menyikat gigi sangat berguna untuk menghilangkan sisa makanan yang kemungkinan masih menempel dalam mulut kita, seperti diketahui sisa makanan inilah yang menyebabkan gigi rusak sekaligus juga penyebab bau mulut yang tidak sedap.
Membersihman gigi kalau perlu gunakan benang, benang sangat berguna untuk menjangkau sisa makanan yang tidak dapat dijankau oleh sikat gigi seperti sisa makanan yang berada diantara gigi dalam mulut.
Minum air putih
Air putih sangat berguna untuk menentralisir bau sehabis makan, karena sehabis makan biasanya bau dari makana terkonsentrasi atau menumpuk di dalam mulut.
Gunakan obat kumur
Saat ini banyak sekali obat kumur dipasaran, obat kumur sangat berguna untuk menghilangkan bakteri dalam mulut dan juga menghilangkan bau tidak sedap dalam mulut kita.
Sikat lidah
Jangan hanya menyikat gigi anda, anda juga harus menyikat lidah anda karena kebanyakan bakteri berada di lidah kita.