Cara Mengobati Phobia dan Mencegahnya Muncul

Kenal dengan phobia? Atau setidaknya ada orang yang mengalami phobia berlebihan? Phobia merupakan suatu rasa takut yang berlebihan dan cenderung tidak masuk akal. Phobia sendiri lebih merupakan suatu gejala kelainan secara psikologis dimana penderita phobia akan tekanan secara psikologis dan fisik ketika mengalami kejadian atau berada dalam kondisi tertentu.
Dalam hal kesehatan tubuh phobia tidak mengganggu sama sekali karena tidak menyebabkan penyakit terntentu. Namun phobia tentu saja sangat mengganggu aktifitatas secara normal, karena orang yang phobia akan kesulitan untuk menjalani aktifitas secara normal terutama terkait dengan kondisi yang akan dijalaninya.
Phobia sendiri dalam masalah psikologis bukan medis, entah kenapa akhir-akhir ini jumlah orang yang phobia semakin meningkat sehingga beberapa psikolog selalu kedatangan pasien yang ingin menyembuhkan phobia.
Phobia sendiri banyak sekali macamnya, tidak hanya karena kondisi atau benda terntentu saja yang dapat menyebabkan phobia. Namun secara garis besar berdasarkan penyebabnya phobia dibagi menjadi tiga hal yaitu phobia spsesifik, yang disebabkan oleh phobia atau ketakutan yang berlebihan terhadapa hewan atau benda seperti tikus, ular, bahkan gedung. Kemudian yang kedua ada phobia sosial yaitu phobia yang lebih disebabkan oleh yang bersifat sosial seperti malu, tidak percaya diri sampai rasa takut yang berlebihan terhadap ketika berhadapan dengan orang lain atau publik. Dan yang ketiga adalah phobia terhadap ruang terbuka yaitu phobia yang disebabkan oleh situasi atau kondisi terntu misalnya ketinggian, berada dalam lift, atau berada dalam ruangan yang berisi orang banyak.
Gejala atau tanda phobia
Kita dapat mengenali dengan mudah petanda atau gejala phobia karena orang yang phobia menunjukan menunjukan tingkah laku yang aneh beda dengan orang lain ketika berada dalam situasi atau kondisi terntentu yang menyebabkan phobia. Beberapa gejala dari orang yang menderita phobia adalah sebagai berikut.
Takut
Orang yang phobia memiliki perasaan taku dan gelisah yang berlebihan ketikan menghadapi situasi tertentu. Dan rasa takut yang ditunjukan penderita phobia adalah berlebihan dan sangat tidak masuk akal sehingga tidak jarang membuat orang di sekitarnya menjadi keheranan.
Reaksi fisik yang tidak masuk akal
Orang yang menderita phobia biasanya bereaksi secara fisik tidak logis hal ini dikarenakan lonjakan tekanan psikologis yang dialaminya. Orang yang phobia dalam kondis yang menyebabkan dia phobia menunjukkan reaksi seperti menangis, berlarian, panik, mudah berkeringat, bahkan sulit bernapas.
Tidak mampu beraktifitas secara normal
Orang phobia biasanya tidak mampu berkatifitas secara normal sebagaimana orang kebanyakan ketika dalam situasi tertentu. Orang yang phobia juga cenderung memiliki rasa takut yang berlebiha atau terlalu khawatir kalau-kalau mengalami kondisi atau kejadian yang membuatnya phobia.
Penyebab
Karena phobia lebih disebabkan oleh masalah psikologis maka biasanya yang menjadi penyebab biasanya bersifat psikologis juga. Berikut ini adalah beberapa penyebab dari phobia.
Trauma kejadian terntentu
Kejadian terntentu yang membuat trauma secara psikologis dapat menyebabkan phobia, karena biasanya ledakan kejadian tertentu membekas dalam pikiran sehingga menimbulkan ketakutan yang berlebihan. Trauma masa kecil juga bisa membuat phobia karena pengalaman masa kecil sangat sulit untuk dihilangkan dari ingatan.
Keturunan
Orang yang memiliki riwayat keluarga menderita phobia biasanya bisa terkena phobia juga karena pengalaman orang tersebut juga dibentuk oleh keluarga.
Pencegahan
Buat yang menderita phobia alangkah baiknya untuk konsultasi dengan psikolog untuk mendapatkan penyembuhanya. Atau nasehat yang paling baik adalah dengan menghadapi ketakutan atau kondisi yang menjadi penyebab phobia tersebut sehingga lama kelamaan akan hilang dengan sendirinya.