Cara meningkatkan peforma windows vista



Windows vista merupakan salah satu varian terbaru dari windows. Namun vista terasa memiliki banyak sekali kekuranganya sehingga membuat vista tidak disukai oleh banyak kalangan. Dibandingkan dengan varian windows yang sebelumnya seperi xp, vista terlihat lebih lambat dan tidak fleksibel, cukup berat ketika menjalankan komputer dengan multitasking. Tentu hal yang semacam ini sangat mengganggu kinerja kita terutama bagi kita yang selalu berhubungan dengan komputer. Bagi mahasiswa memiliki komputer dengan operating sisterm vista tentu membawa ketidaknyamanan ketika mengerjakan suatu tugas misalanya.
Untuk itu sangat perlu beberapa tips untuk mempercepar kinerja komputer kita agar lebih cepat sehingga tidak mengganggu kinerja kita. Berikut ini adalah beberapa tips yang sangat berguna bagi anda terutama yang menggunakan OS vista supaya kinerjan anda tidak terhambat.


Gunakan Readybost
Menggunakan readybost sangat berguna untuk mempercepat kinerja dari komputer kita. Karena readybost bermanafaat untuk meningkatkan kinerja RAM komputer kita. Untuk diketahui kecepatan komputer kita sangat ditentukan oleh RAM yang kita miliki.
Pilih speed up my system with windows readybost maka anda sudah dapat meningkatkan kecepatan komputer anda.
Hilangkan wallpaper
Memiliki komputer dengan tampilan gambar wallpaper memang sangat menyenankan apalagi kalau wallpaper yang kita miliki merupakan gambar dari tokoh kesukaan kita. Namun yang perlu diketahui penggunaan wallpaper pada komputer dapat memperlambat kinerja dari komputer kita. Apalagi kalau gambar wallpaper yang dipakai memiliki resolusi yang sangat tinggi tentu akan semakin memperlambat kecepatan komputer.
Klik kanan pada >> dekstop background kemudian pilih >>  personalisasi dari menu pop up selanjutnya pilih >> solid color. Maka latar belakang komputer kita sudah tidak menggunakan wallpaper sama sekali melainkan hanya warna solid sehingga kecepatan dari komputer kita meningkat.
Matikan efek aero
Salah satu ciri khas dari vista dari sisi tampilan adalah adanya efek aero yang memang sangat menarik. Namun untuk diketahui menggunakan efek akan menurunkan kecepatan komputer karena efek aero dapat memakan atau mengkonsumsi memori komputer.
Cara menonaktifkanya adalah dengan klik kanan >> personalisasi >> Window Color and Appearance, >> pilih tampilan klasik >> tinggal pilih tampilan "Windows Vista Basic", "Windows Standard" atau "Windows Classic" kalau sudah tinggal klik next maka kita sudah bisa menghilangkan tampilan efek aero pada komputer.
Sidebar
Vista memiliki satu fitur sidebar yang berada di sebelah kanan padan tampilan dekstop. Fitur ini walaupun membuat tampilan dari vista terlihat mantap, namun yang ternyata pada kenyataanya fitur ini membuat kinerja dari dekstop menjadi berat karena menyedot dan makan banyak sekali memori. Untuk mempercepat vista maka tampilan ini bisa kita matikan dengan cara.
Klik properties pada pop up >> hilangkan centang >> show sidebar when windows begin >> klik OK kemudian pillih close sidebar maka hasilnya sidebar sudah tidak akan nampak lagi pada tampilan dekstop.
Hapus program yang tidak pernah anda gunakan
Selain fitur dari windows vista, software yang terinstal pada dekstop kita juga sangat mempengaruhi kecepatan komputer kita. Semakin banyak software yang terinstal pada komputer kita maka akan semakin lambat pula kecepatan komputer kita. Karena walaupun tidak dipakai software tersebut memakan banyak sekali memori pada komputer kita.
Untuk itu sangat disarankan untuk menghapus atau unistal program atau software yang tidak pernah kita pakai. Kebanyakan orang mengistal banyak sekali software pada komputernya walupun tidak pernah menggunakanya.