Malaria Gejala Dan Pencegahanya


Malaria dengan cepat menyebar terutama pada lingkungan yang tidak bersih dan kotor hal inilah yang membuat malaria sangat lekat dengan negara tertinggal karena tidak memiliki tingkat kesadaran akan kebersihan yang baik.
Malaria menjadi epidemik penyakit yang sangat mematikan jika tidak lekas diobati, penyakit ini sudah bersifat global menyerang ke berbagai belahan dunia. 

Malaria ditularkan oleh nyamuk anopheles terutama pada negara  yang beriklim panas, sedang dan tropis. Karena nyamuk malaria hidup dengan baik pada suhu atau iklim tersebut, itulah kenapa kita sangat jarang sekali mendengar orang yang menderita malaria berasal dari negara yang memiliki iklim dingin. Nyamuk anopheles sendiri membawa dan menyebarkan parasit gametocytes, parasit inilah yang disuntikan oleh nyamuk pada waktu menggigit untuk kemudian parasit ini akan masuk ke saluran aliran darah kita dan kondisi akan semakin parah jika parasit ini masuk ke organ hati.
Untuk itu selain ditularkan dan disebarkan oleh nyamuk, malaria juga dapat ditularkan oleh orang lain melaui transfusi darah, hal ini tentu berkaitan dengan darah yang sudah terinfeksi parasit gametocytes.
Tanda atau gejala malaria
Gejala malaria penting untuk diketahui agar kita dapat mencegah penyebarannya lebih lanjut, kita bisa mengenali beberapa gejala dari malaria seperti demam tinggi, menggigil, berkeringat secara berlebihan, ketidaknyamanan pada penderita, muntah, diare, mual dan sakit kepala. Sejumlah gejala ini biasanya dialami oleh penderita secara bersamaan hal ini tentu saja terkait denga serangan malaria terhadap organ hati yang sangat penting bagi tubuh, dengan terserangnya organ hati maka daya tahan tubuh akan menurun karena hati sangat penting bagi sistem kekebalan tubuh kita.
Penyebab malaria
Penyebab dari malaria sangat penting untuk diketahui agar kita terhindar dari penyakit ini berikut ini adalah beberapa penyebab dari malaria.
Nyamuk anopheles
Nyamuk anopheles membawa parasit berbahaya yang dapat menimbulkan malarian yaitu gametocytes parasit inilah yang menyebabkan malaria parasit gametocytes menyebar melalui pembuluh darah untuk kemudian menyerang organ hati.
Transfusi darah
Transfusi darah sangat dimungkinkan untuk penyebaran malaria, hal ini dikarenakan adanya darah yang sudah terinfeksi parasit gametocytes sehingga juga akan menulari penerima darah tersebut dan berkembang biak dalam organ hati.
Penularan terhadap janin
Terinfeksinya ibu hamil oleh gametocytes juga dapat menulari sang janin, untuk itu ibu hamil yang menderita malaria sangat mungkin untuk keguguran bahkan kemungkinan janin untuk selamat sangat kecil sekali.
Pencegahan malaria
Saat ini bisa dikatakan tidak ada vaksin yang secara efektif melindungi tubuh kita dari malaria itu kenapa malaria menjadi epidemik secara global, namun kita dapat melakukan tindakan pencegahan sebagai berikut.
Selalu jaga kebersihan lingkungan
Menjaga kebersihan lingkungan merupakan suatu keharusan dengan membersihkan bak kamar mandi dan menghindari air yang tergenang terlalu lama, air yang tergenang merupakan salah satu penyebab utama dari timbulnya nyamuk seperti anopheles pembawa virus gametocytes. Kebersihan lingkungan sangat penting terutama pada waktu musim kemarau atau panas, kaena nyamuk anopheles tumbuh dengan baik pada kondisi suhu panas.
Pencegahan dengan semprotan
Untuk menghilangkan nyamuk secara total sangat baik untuk melakukan tindakan penyemprotan seperti pada kasus demam berdarah, anda tinggal menghubungi dinas kesehatan untuk melakukan penyemprotan ini sehingga lingkungan rumah anda menjadi bersih dari berbagai macam nyamuk yang berbahaya.