Manfaat Vitamin B5 untuk Kesehatan Tubuh

Berbagai manfaat dari vitamin B5 ini sangat penting untuk anda ketahui karena tingginya manfaat dari vitamin B5 bagi kesehatan kita meskipun vitamin B5 kalah populer bila dibandingkan vitamin B kompleks lain, vitamin B5 sendiri merupakan salah satu kelompok atau bagian unsur vitamin B kompleks yang larut dalam air juga dikenal dengan nama asam pantotenat.
Pentingnya vitamin B5 dalam menunjang kesehatan kita dapat dilihat dari berbagai resiko kekurangan vitamin B5 dalam tubuh kita. kekurangan vitamin B dapat menyebabkan gangguan pada tubuh kita seperti mudah lelah, insomnia, depresi, muntah, sakit perut, dan juga gangguan pada saluran pernapasan. Utamnya vitamin B sangat penting untuk menjadi bagian dari pecandu alkohol dalam terapi penyembuhanya karena mengurangi dampak stres dan depresi pada pecandu alkohol.
Kita bisa dengan mudah mendapatkan asupan vitamin B5 dengan mengkonsumsi berbagai makanan seperti makanan fermentasi seperti tape dan tempe, putih telur, susu, sayuran, kacang-kadangan dan juga sereal.
Berikut ini adalah beberapa manfaat penting dari vitamin B5 untuk menunjang kesehatan kita.
Sumber energi tubuh
Vitamin B5 sangat penting sebagai sumber energi bagi tubuh kita menjalani aktivitas keseharian kita, hal ini dikarenakan vitamin B5 membantu kita untuk memecah glukosa dalam tubuh menjadi energi yang kita gunakan. Sehingga tidak heran kalau vitamin B5 menjadi bagian penting dalam suplemen energi bagi seorang atlit. Dalam berbagai macam produk suplemen energi vitamin B5 juga menjadi bagian unsur yang wajib ada.
Menurunkan berat badan
Vitamin B5 sangat berguna untuk menurunkan berat badan terutama pada orang yang menderita obesitas atau kegemukan. Hal ini dikarenakan vitamin B5 mampu memecah berbagai lemak, kolesterol, karbohidrat untuk di ubah menjadi energi. Lemak karbohidrat yang menumpuk dalam tubuh kita sendiri memicu tingginya tingkat obesitas.
Menurunkan resiko stres dan depresi
Vitamin B5 sangat bermanfaat untuk menurunkan resiko stres atau depresi, karena vitamin B5 meningkatkan produksi hormon yang berhubungan dengan stres itu sendiri sehingga melindungi kita dari depresi. vitamin B5 mampu memberikan ketenangan pada saraf yang berhubungan dengan mental kita, mampu mencegah dan membuat normal saraf kita.
Membantu sistem metabolisme tubuh
Vitamin B5 berguna untuk membantu sistem metabolisme tubuh kita bekerja dengan baik, dengan membantu berbagai organ yang berhubungan dengan siste metabolisme tubuh kita. salah satu organ yang terlibat dalam sistem metabolisme kita adalah usus, nah vitamin B5 membantu kinerja organ usus menjadi lebih maksimal dengan membantu usus untuk memecah lemak, kolesterol serta karbohidrat dengan demikian kerja dari usus kita menjadi lebih ringan. Vitamin B5 juga mampu membantu sistem pencernaan kita dengan baik dan mencegah serta mengobati berbagai gangguan pada pencernaan kita, seperti perut kejang dan muntah-muntah.
Mencegah mudah lelah
Vitamin B5 sangat berguna untuk menyuplai energi bagi tubuh kita sehingga secara tidak langsung juga menghindari penyakit mudah lelah yang seringkali menghinggapi kita terutama bagi kita yang bekerja.
Menurunkan resiko jantung
Vitamin B5 mampu menurunkan resiko penyakit jantung, hal ini dikarenakan vitamin B5 mampu memecah dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah kita. untuk diketahui kolesterol jahat (LDL) merupakan salah satu penyebab utama dari penyakit jantung yang berbahaya karena penumpukan kolesterol dalam arteri akan mengurangi jumlah asupan oksigen bagi jantung, sehingga dalam kurun waktu terntentu dapat menimbulkan serangan jantung.