Mengenal kulit kering gejala dan pencegahanya

Anda memiliki kulit kering? Atau anda adalah orang intens memperhatikan kulit anda demin menunjang penampilan? Tidak hanya cewek tapi juga cowok. Kulit kering merupakan suatu gejala atau gangguan pada kulit kita dimana kulit kita membentuk garis halus dan kerutan, kulit kering tentu saja menyebabkan ketidakpercayaan diri karena sangat mengganggu penampilan. Orang yang memiliki kulit kering cenderung dianggap berusia tua melebihi usia sebenarnya yang dimiliki.
Kulit kering bisa disebabkan oleh dua hal yaitu oleh faktor turunan atau genetik dan faktor lingkungan atau non genetik. Seorang penderita kulit kering dikarenakan oleh faktor keturunan atau genetik cenderung sangat sulit untuk dihindari dan sulit untuk disembuhkan, perlu bantuan medis yang serius untuk penanganan dan perawatan kulit kering karena faktor genetik.
Sedangkan orang yang memiliki kulit kering dikarenakan faktor lingkungan cenderung lebih mudah untuk diobati. Biasanya orang yang menderita kulit kering faktor lingkungan disebabkan oleh kondisi lingkungan sekitar yang kotor dan penuh polusi, untuk diketahui polusi udara merupakan salah satu radikal bebas yang berbahaya untuk kesehatan kulit. radikal bebas pada kulit dapat menyebabkan kulit menjadi kering, keriput bahkan bisa mengalami penuaan dini.
Hal lainya dari faktor non genetik adalah dari makanan yang dikonsumsi, makanan yang mengandungan pestisida, pemanis buatan dan pewarna buatan cenderung membuat kulit menjadi tidak sehat dan menjadikan kulit menjadi kering.
Gejala kulit kering
Mungkin banyak yang tidak menyadari atau mengetahui kulit kering itu sendiri karena tidak banyak juga orang yang perhatian dengan perawatan kulitnya sehingga seringkali tidak mengetahui apakah kulitnya sehat atau tidak. Namun demikian kita bisa mengenali dengan mudah gejala atau tanda-tanda kulit kering.
Kulit menyusut
Kulit kering biasanya mudah menyusut atau tidak berisi ketika mengalami dehidrasi, sehingga seringkali ketika mengalami dehidrasi kulit akan terlihat menyusut dan tipis.
Kulit terlihat kasar
Kulit kering biasanya ditandai dengan kulit yang terasa kasar ketika diraba bila dibandingkan dengan kulit normal lainya. hal ini salah satunya dimungkinkan dikarenakan kulit kering memiliki banyak sekali kandungan sel mati sehingga terlihat kusam dan kasar.
Terlihat retak
Kulit kering biasanya terlihat retak, retakan ini sering terlihat terutama jika mengalami dehidrasi.
Kemerahan
Dalam kasus tertentu kulit kering ketika berhadapan dengan sinar matahari terutama ketikan siang hari akan lebih terlihat kemerahan dibandingkan dengan kulit yang normal.
Keriput
Kulit kering juga ditandai dengan kulit yang keriput, hal ini dikarenakan oleh radikal bebas yang menyebabkan banyak sekali sel kulit yang mati sehingga akan terlihat keriput dan kusam.
Penyebab
Sangat penting untuk menghindari kulit kering agar kita mampu menghindari kulit kering. Salah satu cara yang paling mudah untuk mencegah kulit kering adalah dengan mengetahui penyebab dari kulit kering itu sendiri. Berikut ini adalah beberapa penyebab dari kulit kering.
Suhu
Suhu yang panas bisa dalam ruangan atau karena panas matahari menjadi salah satu penyebab utama dari kulit kering, karena suhu tinggi menyebabkan kulit dehidrasi.
Sabun
Beberapa sabun atau deterjen mengandunga bahan berbahaya yang dapat menyebabkan kulit menjadi kering.
Hormon
Gangguan pada hormon seperti tiroid juga dapat menyebabkan kulit kering.
Lingkungan berpolusi
Pencegahan
Pencegahan kulit kering terutama untuk yang disebabkan oleh faktor non lingkungan disamping menghindari penyebab di atas juga dilakukan dengan mengkonsumsi berbagai buah-buahan yang mengandung banyak sekali nutrisi vitamin C dan E seperti jeruk dan semangka.