Mengenal Rambut Rontok Gejala dan Penyebabnya

Semua orang tentu pernah mengalami rambut rontok, setidaknya sekali seumur hidup termasuk anda bukan? secara normalnya manusia memang tiap harinya mengalami rambut rontok dengan jumlah rambut rata-rata 60 helai pada tiap harinya. Namun beberapa kasus ternyata banyak juga yang mengalami rambut rontok secara berlebih dimana rambutnya rontok dalam jumlah yang sangat besar. Bahkan tidak jarang orang yang mengalami rambut rontok untuk kemudian berakhir pada kebotakan.
Rambut sendiri merupakan mahkota bagi kita maka tidak heran kalau orang yang mengalami kebotakan akan terganggu penampilanya, walaupun ada solusi praktisnya yaitu pakai topi atau rambut palsu. Namun demikian tentu akan lebih baik kalau memang bebnar-benar memiliki rambut yang sehat dan asli bukan buatan.
Pada kenyataaanya banyak sekali orang mengalami kebotakan justru membiarkannya dan sehingga makin hari rambutnya akan semakin botak. Menutupinya dengan topi atau rambut palsu memang dapat menutupi kekurangan tersebut, namun yang perlu disadari adalah hal tersebut tidak menyelesaikan masalah karena kebotakan pada rambut tetap ada dan makin bertambah dari hari ke hari. Melakukan perawatan sendiri mungkin terlihat baik, namun alangkah baiknya segala perawatan rambut botak dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter yang terkait sehingga tidak akan membuat kebotakan tambah parah karena salah penanganan.
Gejala
Kebotakan sendiri dapat dideteksi dengan mudah sehingga kita bisa mencegahnya, gejala kebotakan yang paling umum adalah mengetahui jumlah rambut rontok dalam satu harinya, orang dengan rambut yang normal biasanya mengalami kerontokan 60-100 namun orang yang mengalami kebotakan biasanya mengalami kerontokan bahkan sampai 100.000 helai rambut. Orang yang mengalami rambut rontok tidak memiliki rambut yang kuat sehingga seringkali sangat mudah untuk rontok hanya dengan mencabutnya pelan-pelan.
Rambut rontok lebih sering terjadi pada orang dengan usia yang tua, hal ini dikarenakan adanya perubahan hormon sehingga berakibat pada kerontokan rambut. Untuk itu kerontokan rambut pada orang yang berusia tua biasanya dianggap normal.
Penyebab
Kekurangan nutrisi
Kekurangan nutrisi menjadi salah satu alasan penting kenapa orang tersebut rambutnya rontok, rambut sebagaimana manusia memiliki kebutuhan akan nutrisi salah satu nutrisi yang sangat penting bagi rambut adalah nuntrisi zat besi dan protein. Untuk orang yang kekurang protein dan zat besi mudah mengalami kerontoka rambut karena zat besi dan protein merupakan salah satu elemen penting untuk membuat  rambut menjadi kuat.
Perubahan hormon
perubahan hormon memiliki peran yang sangat penting terhadap rambut untuk itu maka tidak heran kalau kita seringkali mendapati orang tua memiliki kepala botak hal ini dikarekan perubahan hormon pada mereka.
Perawatan rambut
Perawatan rambut yang berlebihan dapat menyebabkan rambut rontok, seringkali perawatan rambut yang berlebihan menggunakan bahan yang sangat berbahaya bagi kesehatan rambut itu sendiri. Mengecat rambut misalanya akan membuat rambut sulit untuk bernafas sehingga pada akhirnya akan membuat rambut menjadi rontok.
Infeksi bakteri
Infeksi bakteri juga menjadi salah satu penyebaba utama dari rambut rontok,  mengenakan topi yang tidak bersih secara tidak langsung akan membuat kulit kepala menjadi terinfeksi bakteri. Salah sati bakteri yang sering menginfeksi kulit kepala adalah jamur,  dimana akan menyebabkan kulit terkena penyakit seperti kurap dan pada akhirnya akan membuat rambut jadi rontok.
Penyakit
Beberapa penyakit juga dapat menyebabkan kerontokan pada rambut, orang yang menderita diabetes, lupus dan kanker cenderung mengalami kerontokan rambut.