Penyebab Kanker pada Usus Besar

Kanker usus besar merupakan salah satu jenis kanker berbahaya yang menyerang usus besar dan ironisnya jumlah penderita kanker usus besar lebih banyak jika dibandingkan dengan penderita jenis kanker yang lain, sementara kanker usus besar sendiri disebabkan oleh makanan yang tidak sehat dan tidak bernutrisi.
Usus besar merupakan suatu organ yang sangat penting bagi kita terutama pencernaan kita dimana usus besar berfungsi untuk mengolah dan menyerap nutrisi berbagai makanan yang kita konsumsi. Kanker usus besar biasanya diawali dengan benjolan yang sangat kecil pada bagian tertentu (di usus) kemudian menyebar ke seluruh bagian usus besar.
Gejala kanker usus besar
Kita dapat mengidentifikasi berbagai gejala pada kanker usus besar, berikut ini adalah beberapa gejala penting pada kanker usus besar.
Berat badan tiba-tiba menurun
Kanker usus besar dapat menyebabkan berat badan menurun dalam waktu yang tidak lama. Hal ini dikarenakan fungsi usus besar untuk menyerap nutrisi pada makanan yang dikonsumsi terganggu dan tidak optimal sehingga pada giliranya akan membuat berat badan cepat turun.
Kembung, kejang dan nyeri pada perut
Penderita kanker usus besar akan merasakan perut terasa tidak nyaman, hal ini dikarenakan kanker usus besar menyebabkan perut menjadi kembung, nyeri dan kejang. Hal ini sangat terkait dengan terganggunya usus besar.
Pendarahan
Penderita kanker usus besar biasanya akan mengalami pendarahan pada bagian dubur, terutama ketikan buang air besar. Pendarahan ini biasanya bersifat ruti, karena tidak hanya bagian dubur yang terlukan namun juga bagian usus besar, karena usus besar sendiri tidak mampu mencerna makanan secara sempurna sehingga membuat makanan tidak terproses dengan baik dan cenderung masih kasar tidak halus sehingga pada giliranya akan melukai organ bagian dalam kita.
Penyebab kanker usus besar
Kanker usus besar sendiri disebabkan oleh mutasi sel pada usus besar karena salah satunya radikal bebas, hal ini membuat pertumbuhan dari sel usus besar menjadi tidak normal. Pertumbuhan sel yang tidak normal ini tentu saja sangat mengganggu kinerja dari usus besar. Pertumbuhan sel usus besar yang tidak normal akan menyebabkan usus memiliki sejumlah tonjolan kecil yang disebut dengan polip, biasanya tonjolan ini berada di dinding usus besar bahkan ada yang berada di balik dinding sehingga sangat sulit untuk dideteksi.
Keturunan juga memiliki peran penting terhadap kanker usus besar, orang yang memiliki riwayat keluarg penderita kanker usus besar memiliki resiko yang tinggi untuk terserang kanker usus besar.  Hal ini terkait dengan mutasi gen bawaan yang bisa diturunkan sehingga menyebabakn timbulnya penyakit kanker usus besar.
Beberapa bahan makanan yang miskin nutrisi dan memiliki kandunga radikal bebas juga bisa mnyebabkan kanker usus besar. Seperti dikerahui radikal bebas sendiri merupakan salah satu senyawa berbahaya karena dapat menyebabkan gen tubuh bermutasi sehingga menimbulkan kanker. Makanan yang memiliki kandungan lemak yang tinggi dan rendah serat bisa menjadi penyebab dari kanker usus besar, karena serat berperan penting untuk menunjang kinerja dari usus besar menjadi optimal sedangkan lemak dankolesterol merupakan senyawa yang sangat berbahaya dalam waktu terntentu dapat menimbulkan kanker usus besar.
Gaya hidup yang buruk merupakan salah satu penyebab utama dari kanker usus besar, kebiasaan merokok dan alkohol memicu meningkatnya resiko penyakit kanker usus besar karena rokok memiliki banyak sekali senyawa berbahaya bagi tubuh.