Penyebab Munculnya Ketombe pada Rambut

Anda berketombe? berketombe akan mengurangi kepercayaan diri terutama saat kondisi menuntut kita untuk tampil sempurna, tentu anda akan merasa risih kalau tiba-tiba teman anda mendapati ketombe pada pundak anda saat berdekatan dengan orang yang kita hargai/ cintai. Ketombe menjadi salah satu jenis penyakit yang tidak terlalu berbahaya tapi sangat mengganggu penampilan, ketombe sendiri dapat hilang seiring perjalanan waktu terutama dengan mengkonsumsi berbagai makanan yang memiliki nutrisi untuk menunjang kesehatan rambut.
Namun anda tentu tidak ingin mengalami ketombe terus menerus bukan? asal anda tahu ketombe yang tidak kunjung sembuh akan menyebabkan kerontokan pada rambut kita, ketombe sendiri bukanlah suatu jenis penyakit menular sehingga tidak dapat ditularkan, ketombe lebih disebabkan oleh ketidakbersihan kulit kepala kita. Untuk itu sangat penting bagi kita untuk menjaga kesehatan kepala kita agar kita terhindari dari ketombe yang sangat mengganggu.
Tanda-tanda ketombe
Ketombe sendiri kebanyakan terjadi pada usia masa remaja sampai dewasa, hal ini terkait dengan perubahan hormon dalam kulit kepala. Untuk itu kita tidak pernah mendapati ketombe pada usia anak-anak atau usia tua. Biasanya ketombe berupa butir-butir putih kecil, kita bisa melihatnya pada bagian pundak kita, karena kebanyakan ketombe pada rambut akan jatuh ke pundak kita.
Biasanya orang yang mengalami ketombe akan terasa gatal-gatal pada bagian kepala untuk kemudian ketika digaruk maka butiran ketombe putih kecil akan berhamburan keluar salah satunya ke pundak kita.
Penyebab ketombe
Mengetahui penyebab dari ketombe sangat penting bagi kita agar kita dapat menghindari ketombe, berikut ini adalah beberapa penyebab dari ketombe.
Kulit kepala kering
Kondisi kulit kepala yang kering cenderung untuk menimbulkan ketombe karena akan terasa gatal dan ketika digaruk akan menyebabkan kulit menjadi mengelupas, ketombe karena kulit kering sendiri cenderung tidak berbahaya atan masih dalam taraf ringa bila dibandingkan dengan kulit berminyak.
Kulit kepala berminyak
Kondisi kulit kepala yang berminyak merupakan penyebab utama dari ketombe, kulit berminyak sendiri merupakan kondisi kulit yang tidak normal, karena gangguan pada jaringan minyak di bawah permukaan kulit sehingga menutupi kelenjar keringat, pada akhirnya akan membuat keringat dan kotoran akan menggumpal pada permukaan kulit kepala.
Produk perawatan rambut
Beberapa produk perawatan rambut ternyata dapat memunculkan ketombe. Berbagai macam produk perawatan rambut seperti cat rambu dapat menyebabkan ketombe karena menyebabkan kuit kepala gatal dan kemerahan juga menyebabkan kulit kepala mengelupas. Beberapa shampo juga dapat menyebabkan iritasi pada kulit kepala bila digunakan terlalu sering.
Jamur
Ketombe juga bisa ditimbulkan oleh jamur, salah satu jamur pada kulit kepala yang dapat menyebabkan ketombe adalah jamur Malassezia yang biasanya memakan minyak di kulit kepala kita sehingga dapat menyebabkan iritasi pada kulit kepala juga meningkatkan jumlah sel kulit kepala yang mati.
Usia
Usia memiliki peran penting dalam pertumbuhan ketombe, orang yang berusia muda lebih rentan untuk terkena ketombe, hal ini dikarenakan perubahan hormon dalam tubuh.
Jenis kelamin
Pada suatu penelitian didapatkan hasil ternyata lelaki lebih rentan untuk terkena ketombe dibandingkan dengan perempuan. Hal ini dikarenakan kulit lelaki memproduksi minyak dibandingkan dengan perempuan sehingga memiliki kemungkinan terserang ketombe lebih tinggi.
Makanan
Bahan makanan yang rendah nutrisi juga berperan penting dalam ketombe karena rambut dan kulit kepala kita juga sangat memerlukan nutrisi bagi kesehatannya nutrisi yang penting bagi rambut dan kulit kepala adalah zat besi dan vitamin B.