Penyebab Parkison, Apakah Bisa Disembuhkan?

Tahu parkinson bukan? pernah melihat muhamad ali di masa tua nya? Atau mendengar berita terbaru mengenai kematian robin williams? Untuk diketahui ternyata menjelang akhir hidupnya robin williams didiagnosis menderita parkison. Parkinson sendiri merupakan suatu penyakit yang sangat berbahaya karena sampai saat ini tidak memiliki obat untuk penyembuhanya.
Mungkin anda pernah melihat yang menghbiskan sisa hidupnya di kursi roda sangat berbeda dengan masa mudanya yang sangat gagah dan kuat. Muhamad ali di masa tuanya hanya bisa berada di kursi roda dengan keterbatas gerak dan kesulitan hanya untuk sekedar berbicara.
Parkinson sendiri biasanya merupakan suatu penyakit yang biasa menyerang orang dengan usia yang sudah tua atau usia lanjut, yang menyebabkan ketidakmampuan dari penderita untuk mengerakan anggotan tubuh nya dengan baik sebagaiman orang normal. Hal ini dikarenakan penderita menderita kerusakan pada otaknya sehingga tidak mampu untuk mengkoordinasi gerak anggota badanya dengan baik. Karena sampai saat ini tidak ada obat yang mampu menyembuhkanya biasanya penderita parkinson makin lama akan semaki kesulitan untuk menggerakan anggota tubuhnya seperti kaki dan tangan. Hal ini tentu saja karena semakin memburuknya kerusakan sel saraf pada tubuh penderita.
Penyebab Timbulnya Parkinson
Parkinson merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh kerusakan sel pada otak yaitu substansia nigra dimana substansia nigra merupakan sel otak yang berfungsi untuk menghasilkan senyawa otak yang dinamakan dopamin. Dimana dopamin merupakan senyawa kimina yang berfungsi untuk menghantarkan sinyal ke otak sebagai salah satu bagian penting dalam koordinasi gerak tubuh, sehingg orang yang kekurang dopamin maka akan sangat kesulitan untuk melakukan koordinasi gerakan.
Parkison sendiri disebabkan oleh banyak hal, tetapi setidaknya penyebab parkinson bisa digolongkan dalam dua sebab yaitu:
Genetik
Menurut penelitian orang memiliki riwayat kesehatan keluarga menderita parkinson memiliki resiko lebih besar untuk menderita parkinson juga. Hal ini dikarenakan kerusakan sel otak yang menjadi penyebab dari penyakit parkinson ternyat bisa diturunkan melalui genetik pada anak. Untuk hal ini maka orang yang memiliki riwayat penderita parkinson harus lebih hati-hati.
Faktor lingkungan atau faktor non genetik
Selain genetik faktor lingkungan juga bisa menjadi penyebab dari timbulnya penyakit parkinson. Mengkonsumsi bahan makanan yang memiliki kandungan pestisida yang tinggi dalam jangka panjang akan menyebabkan kerusakan pada sel otak dan pada akhir nya akan menyebabkan parkinson. Beberapa kejadian tidak terduga juga bisa menyebabkan parkinson seperti kecelakaan yang menyebabkan benturan pada kepala atau pukulan yang kerasa pada kepala juga dapat menyebabkan kerusakan sel otak.
Salah satu contoh yang sangat baik adalah muhamad ali dimana penyakit parkinson yang dideritanya kemungkinan besar disebabkan oleh pukulan pada kepala yang keras pada sewaktu aktif bermain tinju.
Gejala Terjadinya Parkinson
Kita dapat dengan mudah mengetahui gejala orang yang menderita penyakit parkinson, dengan melihat tayanga muhamad ali  saja kita sudah mengetahui gejala umum dari parkinson. Orang yang menderita penyakit perkinson cenderung sering terlihat gemetar baik kaki atau tangannya, memiliki gerakan yang sangat lambat, memiliki keseiimbangan yang sangat buruk, dan tentunya tidak memiliki gerak refleks yang baik hal ini dikarenakan saraf motoriknya terganggu sehingga tidak memiliki kemampuan kognitif yang baik.
Selain secara motorik gejala parkinson ternyata juga bisa berupa tekana darah rendah dimana orang yang menderita parkinson sangat mudah lelah dan lemas hal ini dikarenakan kadar hemoglobin dalam daran menjadi rendah.