Stres di tempat kerja? Ini tips nya



Anda mengalami stres di tempat kerja? Beban kerja yang berlebih membuat anda stres? Anda merasa cepat lelah dalam bekerja?. Stres merupakan satu hal yang sangat lazim terjadi pada semua orang terutama bagi merekan yang bekerja. Banyak orang yang mengalami stres di tempat kerja mereka sehingga mempengaruhi kinerja mereka. Padahal untuk diketahui stres di tempat kerja tidak hanya mempengaruhi kehidupan kita di tempat kerja saja namun juga kehidupan kita secara keseluruhan.
Pada suatu penelitian didapatkan ternyata orang yang menderita stres di tempat kerja memiliki kecenderungan bermasalah dalam kehidupan rumah tangganya. Untuk sangat penting untuk menjadi bahagia di tempat kerja tidak hanya membuat kinerja lebih baik dan efisien namun juga untuk kehidupan kita secara keseluruhan.
Berikut ini adalah beberapa tips yang mungkin bisa anda gunakan untuk mengurangi stres di tempat kerja.

Bersihkan meja kerja
Bersihkan semua sampah yang ada di meja kerja anda, kebanyak orang yang bekerja selalu meletakan berbagai macam kertas atau memo yang sudah tidak di pakai di meja kerja sehingga meja kerja terlihat tidak rapi sama sekali. Dengan kondisi meja kerja yang rapi dan bersih akan membuat pikiran  menjadi tenang dan bahagia sehingga menjadi nyaman dalam bekerja.
Mengatur ruangan kerja
Buat anda yang memiliki ruang kerja sendiri perlu mengatur tata letak posisi meja kursi dan lemari dalam ruangan sehingga akan terlihat rapi dan bersih. Karena kondisi perabotan dalam ruangan yang berantakan akan meningkatkan stres. Dengan posisi perabot dalam ruangan yang rapi tentu saja akan meningkatkan efisiensi dalam bekerja serta meningkatkan kenyamanan.
Kerjakan segera
Kerjakan segera segala pekerjaan atau tugas yang dibebankan pada anda, karena menunda-nunda pekerjaan akan membuat beban pekerjaan tersebut menjadi semakin berat dan pada akhirnya membuat kita akan mengejar deadline hasilnya kita melakukan sistem kebut semalam untuk menyelesaikan tugas kita. Perilaku semacam ini tentu saja sangat mengikatkan resiko penyakit stres itu sendiri.
Buat prioritas
Buatlah prioritas pekerjaan yang anda lakukan, anda bisa memulainya dengan membuat daftar isi pekerjaan yang penting sampai dengan yang kurang penting. Kerjakan tugas yang bersifat penting terlebih dahulu kemudian yang ringan sehingga anda tidak akan kerepotan nantinya. Pertimbangkan juga waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas tersebut sehingga anda akan mendapatkan hasil yang terbaik dengan waktu yang tepat tidak terlambat.
Teman kerja
Jangan lupa bahwa anda memiliki rekan kerja, merekan adalah tim yang siap membantu anda. Kebanyakan dalam melakukan tugas tertentu kita memiliki kesulitan yang tidak dapat kita pecahkan, cobalah untuk tanya atau minta tolong pada rekan kerja atau atasan anda. Jangan pendam masalah anda sendiri dan mengeluarkannya ketika sudah deadline. Anda harus percaya pada rekan kerja pada atasan, mereka ada sebagai tim bagi anda untuk memajukan perusahaan jadi jangan malu-malu.
Cukup istirahat
Jangan pernah meremehkan istirahat, gunakan waktu istirahat kerja dengan baik singkirkan segala hal yang berhubungan dengan pekerjaan. Istirahat berguna untuk menurunkan tingkat stres pada kerja. Selain itu tidur malam hari juga sangat baik untuk menghindari stres, kebanyakan begadang cenderung akan meningkatkan resiko stres pada kita dan juga akan membuat kita mudah lelah pada waktu kerja karena kurang istirahat. Pada suatu penelitian disebutkan orang yang cenderung suka begadang atau sulit tidur memiliki resiko stres yang tinggi pada tempat kerja.