Tips Mengelola Gaji yang Kecil

Gaji merupakan hal utama yang penting dalam sebuah pekerjaan (tidak munafik), namun tidak semua orang memiliki gaji yang besar sehingga tidak jarang orang dengan gaji yang kecil patau pas-pasan seringkali kesulitan untuk mengelola gajinya. Akhir-akhir ini sering kita dapati demo kenaikan UMR, padahal untuk diketahui banyak sekali orang yang memiliki gaji di bawah UMR sehingga kesulitan untuk mencungkupi kebutuhan sehari-hari.
Banyak orang bekerja yang tidak bisa mengelola gajinya dengan baik, sehingga seringkali orang tersebut tiba-tiba kehabisan uang bahkan belum genap 30 hari sehingga tidak jarang orang tersebut berhutang ke sana kemari untuk mencungkupi kebutuhanya. Menuntut kenaikan gaji adalah baik, namun hal itu butuh waktu yang lama dan membutuhkan prestasi tertentu sehingga dianggap pantas memiliki kenaikan gaji. Hal terbaik solusinya adalah dengan meningkatkan kemampuan untuk mengelola gaji anda sendiri dengan baik, sehingga anda tetap cukup dengan gaji yang anda dapatkan dari perusahaan anda untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari anda. Berikut ini adalah tips mengelola gaji bulanan dengan baik meskipun gaji anda terbilang pas-pasan.
Utamakan kebutuhan terlebih dahulu
Mengutamakan kebutuhan terlebih dahulu adalah tips yang sangat penting untuk mengelola gaji anda. Dengan mengalokasikan gaji anda untuk kebutuhan kita terlebih dahulu anda akan lebih bisa berhemat dan tidak boros. Anda harus membuat semacam daftar kebutuhan anda terlebih dahulu misalnya kebutuhan primer anda adalah makan, biaya sewa rumah (buat yang menyewa), pakaian, atau mungkin kredit yang harus anda lunasi.
Bawa bekal makanan
Hindari pengeluaran yang tidak perlu, membawa bekal makana sendiri dari rumah sangat membantu anda untuk menghemat biaya makanan yang mungkin anda keluarkan ketika makan di warung makan. Anda tidak perlu malu membawa bekal makana karena selain kesehatanya terjamin juga sangat murah, setidaknya anda bisa menghemat makanan paling tidak 50 persen bahkan lebih. Untuk diketahui warung makanan sendiri biasanya mengambil keuntunga bersih 100 persen untuk tiap porsi makanan yang anda pesan.
Hindari pengeluaran yang tidak perlu
Kebanyakan orang ketika menerima gaji, maka uang tersebut akan dibelanjakan sebanyak mungkin seperti belanja baju baru atau gadget baru. Terutama wanita biasanya pergi ke mall untuk menghabiskan lebih dari setengah gajinya untuk berbelanja hal ini tentu sangat buruk mengelolaan gaji anda. Untuk laki-laki juga sangat penting untuk menghindari pengeluaran yang tidak perlu, biasanya banyak pegawai lelaki menghabiskan uang dari gajinya untuk rokok atau makan di luar, rokok sendiri kelihatanya memang murah, namun kalau diakumulasikan selama 30 hari maka akan terlihat besar angka rupiahnya. Selain itu rokok juga sangat tidak baik untuk kesehatan anda.
Miliki simpanan
Usahakan anda memiliki simpanan seperti berupa tabungan, simpanan ini berasal dari sisa gaji yang anda gunakan. Simpanan uang sangat penting bagi anda karena berguna untuk berjaga-jaga kalau kemudian ada kebutuhan yang mendesak dan memerlukan jumlah uang yang besar sehingga anda tidak perlu untuk berutang. Selain itu simpanan atau tabingan juga sangat penting untuk masa depan anda.
Belanja besar pada waktu tertentu
Berbelanja dalam jumlah yang besar biasanya tidak bisa di hindari namun jika tepat waktu makan hal itu tidak masalah namun ingat jangan sampai menghabiskan seluruh simpanan anda, anda tetap harus bijak. Berbelanja dalam jumlah yang besar paling baik kalau dilakukan pada waktu hari raya, atau mungkin pada waktu tahun baru saja.