Tips Merawat Kulit Sehat Pada Waktu Hujan

Tips merawat kulit agar tetap sehat terutama pada waktu hujan ini sangat bermanfaat sekali saat musim hujan telah tiba. Pergantian musim dari musim kemarau ke musim hujan ini membawa dampak yang tidak baik bagi kesehatan kulit kita karena musim hujan sendiri menyebabkan kulit kita mudah untuk terserang berbagai jamur dan bakteri sehingga tidak heran kalau pada musim hujan kita mendapati kulit kita terserang jamur. Tentu anda sendiri tidak ingin bukan kulit anda berjamuran.
Musim hujan menyebabkan suhu menjadi dingin dan lembab, suhu seperti inilah yang menyebabkan kulit mudah untuk terserang jamur dan bakteri.  Ditambah lagi dengan air hujan sendiri yang cenderung kotor. Beberapa daerah yang memiliki polusi tinggi memiliki tingkat kebersihan air hujan yangn buruk bahka beberapa diantaranya hujan asam. Tidak jarang selain membuat kulit berjamur air hujan juga dapat menyebabkan jerawat karena pori-pori kulit yang kotor.
Berikut ini adalah bebrapa tips untuk menjaga kesehatan kulit anda terutama saat hujan.
Kenakan mantel
Gunakan mantel yang menutup tubuh anda dengan sempurna, jangan biarkan kulit tubuh anda menjadi basah karena air hujan. Saat ini banyak sekali jenis dan model mantel yang beredar di pasaran, pilihlah mantel yang berbentuk seperti banju lengan panjang lengkap dengan celananya karena sangat baik untuk menutup rapat dan melindungi tubuh anda, gunakan juga kaus tangan yang memiliki bahan yang sama dengan mantel sehingga kulit tangan anda juga terlindungi. Bahkan saat ini juga sudah ada mantel yang berbentuk sepatu sangat berguna untuk melindungi sepatu dan kaki anda dari air hujan. Jika memang dalam perjalanan jauh dan terkena hujan ada baiknya untuk berteduh terlebih dahulu, karena mantel sendiri dirancang untuk tahan air sekitar 1 jam an lebih dari itu akan mantel akan mudah basah dan tembur ke tubuh kita.
Segera bersihkan kulit anda
Air hujan yang membasahi tubuh anda mengandung banyak sekali kandungan bakteri yang banyak. Sangat dianjurkan bagi anda yang basah karena air hujan untuk segera mandi dengan air bersih sehingga tubuh anda menjadi bersi dan terhindari serangan bakteri dari air hujan. Usahakan untuk mandi dengan bersih membasuh atau menyiram seluruh tubuh anda dengan air bersih, karena kebanyakan air hujan masih bersisa pada kulit yang berlipat atau kulit yang tidak bisa dijangkau oleh tangan kita. Menggunakan sabun khusu antiseptik juga sangat baik untuk membunuh bakteri yang menempel pada tubuh dengan segera.
Makan makanan yang bergizi
Makanan yang memiliki kandungan nutrisi yang tinggi sangat berguna untuk menjaga kesehatan kulit kita sekaligus juga untuk menjaga sistem kekebalan tubuh kita, karena ketika dilanda musim hujan sistem kekebalan tubuh cenderung menurun sehingga sangat mudah untuk terserang penyakit seperti flu. Makanan sehat yang sangat dianjurkan adalah berbagai buah dan sayuran yang memililiki kandungan antioksidan tinggi, vitamin C dan juga vitamin E karena nutrisi ini sangat penting sekali untuk menunjan kesehatan kulit kita. Antioksidan, vitamin C dan vitamin E sangat berguna untuk melindungi kulit kita dari serangan berbagai radikal bebas yang dapat menyebabkan kulit kita menjadi keriput dan kusam.
Perbanyak minum air putih
Minum air putih sangat dianjurkan setidaknya 8 gelas dalam satu hari, air putih sangat berguna sebagai detoksifikasi alami bagi kulit kita menjaga kulit dengan mengeluarkan berbagai racun dan bakteri berbahaya dari dalam kulit kita. Air putih juga dapat menjaga kelembaban kulit tubuh kita sehingga terhindari dari keriput karen cuaca yang dingin.