Tips Mouse Komputer Yang Harus Anda Tahu



Mause merupakan alat yang sangat membantu kita ketika bersentuhan dengan komputer karena mouse menjadikan interaksi kita dengan komputer menjadi lebih interaktif, bisa dibayangkan kalau tidak ada mouse tentu kita akan kesulitan untuk berinteraksi dengan komputer bukan?
Mouse sudah bukan menjadi rahasia lagi menjadikan produktifitas kita di depan komputer menjadi lebih produktif. Banyak sekali aplikasi software yang menggunakan mouse dalam pengoperasianya. Berikut ini adalah beberapa tips penggunaan mouse yang harus anda ketahui untuk meningkatkan produktifitas dan interaksi anda dengan komputer.

Seleksi file
Saat ini banyak sekali teks editor yang menyediakan fitur yang memudahkan kita untuk menseleksi atau menyorot bagian teks dengan menggunakan tombol sift + sorot dengan mouse. Aplikasi seperti microsoft words juga menyediakan fitur ini untuk memudahkan pen editan.
Tidak hanya pada aplikasi software seperti microsoft word saja namun pada semua OS juga demikian, kita bisa memilih atau menseleksi beberapa file dengan menahan tombol shift kemudian tinggal klik dengan mouse.
Tips ini hanya untuk file atau teks yang berurutan saja, lantas bagaimana dengan file atau teks yang tidak berurutan? Kita bisa menggunakan tombol Ctrl caranya tekan ctrl + klik file atau teks yang kita pilih. Kita juga bisa menggunakan kombinasi Ctrl dan Shift untuk mendapat seleksi kombinasi file berurutan dan tidak berurutan.
Scrol otomatis
Scrol merupakan salah satu fitur pada mouse letaknya ditengah di atara tombol klik kanan dan kiri. Fungsi scrol adalah untuk melakukan scrol sehingga memudahkan kita untuk melihat suatu dokumen yang panjang.
Kita bisa melakukan scrol secara otomatis sehingga kita tidak akan capek, caranya adalah dengan mengklik tombol scrol itu sendiri dan kemudian tinggal geser mouse apakah ke atas atau ke bawah sesuai dengan keinginan kita, maka secara otomatis tampilan akan bergeser ke atas atau kebawah.
Memperbesar atau zoom
Dengan mouse kita bisa memperbesar tampilan dekstop kita secara otomatis dengan cara tekan dan tahan Ctrl + scrol maka secara otomatis tampilan akan menjadi besar atau menjadi kecil. fitur ini sangat berguna bagi anda terutama yang tidak mengalami kelelahan pada mata anda sehingga sangat terbantu denan tampilan yang besar dari komputer.
Perntah ini berlaku untuk segala hal yang ada di komputer kita baik itu pada aplikasi office maupun pada browser kita.
Klik teks
Kita bisa menseleksi teks pada suatu teks editor hanya dengan klik kanan pada mouse caranya adalah arahkan mouse pada teks yang ingin kita seleksi kemudian tekan klik kanan  2 kali maka kata tersebut akan terseleksi. Lantas bagaimana kalau ingin menseleksi lebih dari dua kata atau lebih dan tidak berurutan, canranya sangat mudah sekali yaitu dengan tekan dan tahan tombol Ctrl kemudian klik kanan dua kali kata-kata yang akan kita seleksi.
Kata yang tidak berurutan cukup tekan dan tahan tombol shift kemudian klik kanan pada kata yang diseleksi.
Kita juga bisa menseleksi seluruh paragraf dengan cara klik kanan tiga kali pada paragraf yang akan kita seleksi untuk paragraf yang berurutan caranya hampir sama dengan seleksi pada kata yang diatas.
Tombol mouse sisi kanan dan kiri
Saat ini banyak sekali mouse yang memiliki fitur berupa tombol pada sisi kanan dan kiri nya. Tombol ini secara default bermanfaat untuk melakukan undo atau redo pada komputer kita.