Waspada terhadap Diskon Agar Belanja tidak Mubazir

Mengendalikan diri dari diskon belanja penting terutama bagi ibu-ibu rumah tangga yang biasanya ketagihan berbelanja karena tawaran diskon. Musim liburan biasanya di mall/ supermarket sudah bertaburan diskon yang membuat kita menjadi ngiler sehingga ingin cepat-cepat berbelanja di tempat tersebut, akibatnya tak terasa uang kita terkuras yang mirisnya barang-barang tersebut tidak terpakai dan hanya menjadi barang sampah penghuni gudang kita. 
Fenomena ketagihan belanja sendiri menjadi semacam fenomena terlihat pada saat liburan dimana mal-mal penuh dengan ibu-ibu yang ingin berbelanja. Berikut ini adalah beberapa tips bagi anda bagaimana agar kita bisa waspada terhadap diskon dan tidak ketagihan meskipun ditawari banyak diskon.
Diskon adalah perangkap untuk anda
Yang harus disadari adalah diskon merupakan perangkap bagi anda oleh pihak produsen dan mal, supaya anda bisa membeli barang sebanyak mungkin meskipun anda tidak membutuhkanya sama sekali. Mungkin sebagian besar dari anda menganggap diskon adalah salah satu kemurahan hati dari pihak mal, namun yang perlu anda ketahui adalah mal menginginkan keuntungan dalam jumlah yang lebih besar dari anda dan salah satunya adalah dengan program diskon jadi tidak ada kemurahan atau kebaikan dalam hal ini yang ada adalah uang anda akan semakin habis karena ketagihan diskon.
Diskon adalah kamuflase harga
Banyak yang beranggapan bahwa diskon merupakan potongan harga sehingga menjadi lebih murah dari sebelumnya. Padahal dalam banyak kasus, pihak mal dan produsen menaikan barang terlebih darulu sebulan atau tiga bulan sebelumnya untuk kemudian menurunkan harga melalui mekanisme diskon sehingga barang akan terlihat murah dibandingkan dengan sebelumnya. Padahal barang memiliki harga yang relatif sama.
Beberapa mal bahkan menuliskan potongan harga sekian persen namun setelah dicek ternyata haragnya sama dengan sebelumnya. Hal ini tidak disadari oleh banyak orang, karena kebanyakan orang hanya melihat persentase diskon tidak mengecek haraga sebulan sebelumnya.
Diskon membuat anda lupa daratan
Ingat diskon membuat anda lupa daratan untuk belanja terus menerua meskipun sudah menghabiskan banyak uang. “Beli satu dapat dua” atau promosi “dapat produk ini jika sudah belanja sekian rupiah” adalah salah satu model promosi yang harus anda hindari karena promosi semacam itu akan membuat anda semakin bernafsu untuk berbelanja barang.
Belilah barang yang memang anda butuhkan
Diskon merupakan suatau perangkap agar anda membeli barang walaupun adan tidak membutuhkanya, untuk itu belilah barang yang memang anda membutuhkannya dengan begitu anda akan dapat mengendalikan nafsu anda untuk berbelanja lebih sehingga anda dapat berhemat uang lebih baik dan andapun dapat memaksimalkan atau memanfaatkan barang yang anda beli secara lebih baik. Bisa dipastikan jika anda membeli barang sesuat kebutuhan makan barang yang anda beli tidak akan menjadi penghuni gudang anda karena tidak terpakai.
Anda pun bisa mengelola keuangan secara lebih baik karena membeli barang dengan tepat, kebanyakan orang yang tidak bisa menghentikan nafsu belanjanya kondisi keuangannya pada waktu tertentu akan terganggu sehingga tidak heran mereka menggunakan kartu kredit untuk belanja. Adan juga haru menghindari penggunaan kartu kredit, karena kartu kredit membuat nafsu anda untuk berbelanja semakin besar.